ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK SUSU CAIR DALAM KEMASAN “INDOMILK”

SUBEKTI, Arief Yulian and DIRGANTARA, I Made Bayu,(6 May 2010), ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK SUSU CAIR DALAM KEMASAN “INDOMILK”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A006020.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena persaingan merek dari berbagai perusahaan dalam merebut Top Brand Award. Konsumen akan cenderung percaya pada merek yang pernah meraih Top Brand Award. Penurunan top brand index merek Indomilk untuk kategori susu cair dalam kemasan sebesar 6% dari tahun 2009-2010 mengindikasikan terdapat masalah pada ekuitas merek Indomilk tersebut. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah “Apa pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Ekuitas Merek Indomilk”. Citra merek dan kesadaran merek diduga berpengaruh terhadap ekuitas merek dan sangat penting untuk membangun ekuitas merek yang kuat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Ekuitas Merek Indomilk . Penelitian ini mengambil sampel terhadap 100 responden yang pernah membeli atau mengkonsumsi susu cair dalam kemasan merek Indomilk dengan metode purposive sample dan sampel aksidental. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dilapangan dan analisis jawaban terbuka yang diberikan oleh responden, sedangkan analisis kuantitatif meliputi: uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi (X�) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek (X1) dan kesadaran merek (X2) terbukti secara signifikan mempengaruhi ekuitas merek (Y). Diantara kedua variabel independen yang dianalisis kesadaran merek adalah variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar terhadap variabel dependen kemudian disusul dengan citra merek.
Keywords : Brand Image, Brand Awareness and Brand Equity, Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Ekuitas Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 15 Jul 2020 07:10
Last Modified: 15 Jul 2020 07:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item
View Item