PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang)

KHRISTIAWAN, Irfan and MAGNADI, Rizal Hari,(29 August 2014), PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS - C2A607084.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat beli konsumen mengacu pada perilaku yang ditunjukan oleh para individu dalam membeli dan menggunakan barang atau jasa. Berbagai macam pilihan produk yang ditawarkan akan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Produk Honda sebagai top of main brand telah mengalami penurunan, terbukti dengan menurunnya market share penjualan sepeda motor merek Honda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga dan atribut produk terhadap minat beli konsumen pada sepeda motor merek Honda Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang yang membeli dan menggunakan sepeda motor Honda. Dengan menggunakan teknik purposive aksidental sampling, diperoleh jumlah sampel sebesar 75 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,256, artinya semakin positif citra merek sepeda motor Honda di mata masyarakat, maka hal itu akan meningkatkan minat beli konsumen, dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,593 > 1,9939. Harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,232, artinya semakin harga produk sepeda motor Honda terjangkau sehingga mampu menarik perhatian konsumen, maka hal itu akan mempengaruhi tingginya minat beli konsumen, dengan nilai t hitung 2,427 > 1,9939. Atribut produk terbukti berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,408, artinya semakin bervariasi atribut produk yang ditawarkan sepeda motor Honda, maka hal itu akan meningkatkan minat beli konsumen dengan nilai t hitung 3,854 > 1,9939.
Keywords : brand image, price, product attributes and consumer buying interest, Citra merek, harga, atribut produk dan minat beli konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 16 Jul 2020 05:02
Last Modified: 16 Jul 2020 05:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item
View Item