SITUMORANG, Gunanda and SANTOSO, Suryono Budi,(29 December 2015), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Motor Matic Mio di Yamaha Mataram Sakti Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (210kB)
Download (210kB)
Text
Download (98kB)
Download (98kB)
Text
Download (107kB)
Download (107kB)
Text
Download (240kB)
Download (240kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan penjualan pada motor matic Mio. Penurunan
penjualan ini menunjukkan adaanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada motor
matic Mio sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen
mengambil keputusan pembelian sepeda motor di tengah fenomena persaingan yang semakin
ketat yang berdasarkan pada persepsi harga, promosi dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, promosi dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian motor matic mio di Yamaha Mataram Sakti Semarang.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen kuesioner digunakan sebagai
pengumpul data. Pengujian validitas dan reabilitas atas indikator-indikator dan konsep variabel
tersebut menunjukkan nilai validitas dan reabilitas yang memenuhi syarat instrument. Analisis
dengan regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui apakah variabel-variabel persepsi
harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan menghasilkan persamaan
regresi.
Hasil penelitan ini mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah
Y = 0,217X1 + 0,069X2 + 0,337X3
Dimana Keputusan pembelian (Y), variabel persepsi harga (X1), promosi (X2), dan variabel
kualitas produk (X3). Karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini berarti ketiga
variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif sejalan terhadap variabel dependen.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi harga dan kualitas
produk terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel
promosi tidak terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui
uji F dapat diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan
pembelian. Angka adjusted R square adalah sebesar 0,466 menunjukkan bahwa varibel
independen dapat menjelaskan 46,6% variasi keputusan pembelian. Sisanya 53,4% dijelaskan
oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | purchase decision, Perception Price, Promotion, Product Quality., Keputusan pembelian, Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Produk. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 08:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 08:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5987 |