ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG GAS ELPIJI 3 KG (Di PT. Candi Agung Pratama Semarang)

WIBISAPUTRA, Adiztya and MUDIANTONO, Mudiantono,(28 February 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG GAS ELPIJI 3 KG (Di PT. Candi Agung Pratama Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A606002.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Minat beli ulang yang tinggi mencerminkan tingkat kepuasan konsumen ketika memutuskan untuk mengadopsi suatu produk. Keputusan untuk mengadopsi produk timbul setelah konsumen mencoba produk tersebut dan kemudian timbul rasa suka atau tidak suka terhadap produk. Rasa suka terhadap produk dapat diambil bila konsumen mempunyai persepsi bahwa produk yang mereka pilih berkualitas baik dan dapat memenuhi atau bahkan melebihi keinginan dan harapan konsumen. Dengan kata lain produk tersebut mempunyai nilai yang tinggi di mata konsumen. Tingginya minat membeli ini akan membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan produk di pasar. Dari perumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh harga terhadap minat beli ulang gas elpiji 3 kg, untuk menganalisis dan menguji pengaruh promosi terhadap minat beli ulang gas elpiji 3 kg dan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang gas elpiji 3 kg. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang membeli gas elpiji 3 Kg di PT. Candi Agung Pratama Semarang, maka besarnya sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 60 orang responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Dari penelitian ini maka dapat dibuat kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan t hitung = 2,192 dari hasil perhitungan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 2,192 > 2,002 atau sign (0,033) < =0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan thitung lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 2,012> 2,002 atau sign (0,049) < =0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 2,337> 2,002 atau sign (0,023) < =0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan antara harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap minat beli ulang (Y), hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan F-hitung (20,291) > F tabel (2,769) atau sign (0,000) < =0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,495 atau 49,5% berarti variasi perubahan minat beli ualng (Y) dipengaruhi harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) sebesar 49,5% dan sisanya 50,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Keywords : UNSPECIFIED, harga, promosi, kualitas pelayanan, minat beli ulang.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 20 Jul 2020 13:33
Last Modified: 20 Jul 2020 13:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item
View Item