WIBISAPUTRA, Adiztya and MUDIANTONO, Mudiantono,(28 February 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG GAS ELPIJI 3 KG (Di PT. Candi Agung Pratama Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
Abstract
Minat beli ulang yang tinggi mencerminkan tingkat kepuasan konsumen ketika
memutuskan untuk mengadopsi suatu produk. Keputusan untuk mengadopsi produk
timbul setelah konsumen mencoba produk tersebut dan kemudian timbul rasa suka
atau tidak suka terhadap produk. Rasa suka terhadap produk dapat diambil bila
konsumen mempunyai persepsi bahwa produk yang mereka pilih berkualitas baik dan
dapat memenuhi atau bahkan melebihi keinginan dan harapan konsumen. Dengan
kata lain produk tersebut mempunyai nilai yang tinggi di mata konsumen. Tingginya
minat membeli ini akan membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan produk
di pasar.
Dari perumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis dan menguji pengaruh harga terhadap minat beli ulang gas elpiji 3 kg,
untuk menganalisis dan menguji pengaruh promosi terhadap minat beli ulang gas
elpiji 3 kg dan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap
minat beli ulang gas elpiji 3 kg.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang membeli
gas elpiji 3 Kg di PT. Candi Agung Pratama Semarang, maka besarnya sampel yang
dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 60 orang responden. Alat analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi.
Dari penelitian ini maka dapat dibuat kesimpulan terdapat pengaruh yang
signifikan antara harga terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil
penelitian menunjukkan t hitung = 2,192 dari hasil perhitungan t-hitung lebih besar
dari t-tabel yaitu sebesar 2,192 > 2,002 atau sign (0,033) < =0,05 dengan demikian
Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi
terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan thitung
lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 2,012> 2,002 atau sign (0,049) < =0,05
dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang, hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu sebesar 2,337> 2,002
atau sign (0,023) < =0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat
pengaruh yang signifikan antara harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3)
terhadap minat beli ulang (Y), hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan
menunjukkan F-hitung (20,291) > F tabel (2,769) atau sign (0,000) < =0,05 dengan
demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai Koefisien determinasi (Adjusted R
Square) adalah sebesar 0,495 atau 49,5% berarti variasi perubahan minat beli ualng
(Y) dipengaruhi harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) sebesar 49,5%
dan sisanya 50,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Keywords : | UNSPECIFIED, harga, promosi, kualitas pelayanan, minat beli ulang. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 13:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 13:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6069 |