PUTRA, I Dewa Putu Yosmara Adi and SUTOPO, Sutopo,(2012), ANALISIS KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK PRODUK HANDPHONE NOKIA ( Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
Download (54kB)
Download (54kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (664kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (664kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan industri
telekomunikasi di Indonesia dan munculnya berbagai merek baru di pasar. Hal ini
berpengaruh terhadap penjualan telepon seluler Nokia. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan menguji pengaruh dari elemen - elemen ekuitas merek yang terdiri
dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap
ekuitas merek produk handphone Nokia di Kota Semarang.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang konsumen pengguna
telepon seluler Nokia di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik
Accidental Sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh
dengan data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi : uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui
uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R²)
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,251 X
1
+ 0,288 X
2
+ 0,256 X
3
+ 0,287 X
4
Dimana variabel ekuitas merek (Y), kesadaran merek (X
1), persepsi kualitas
(X2), asosiasi merek (X
), dan loyalitas merek (X4). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen kesadaran merek,
persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif signifikan
3
terhadap ekuitas merek. Angka adjusted R
2
sebesar 0,511 menunjukkan 51,1%
ekuitas merek konsumen pada Nokia dipengaruhi variasi dari keempat variabel
independen dalam persamaan regresi. Sedangkan, sisanya 48,9% di jelaskan oleh
variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | brand equity, brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty, ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 03:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 03:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6097 |