ANALISIS PENGARUH PANDANGAN IKLAN, KREDIBILITAS IKLAN, DAYA TARIK IKLAN DAN KEKUATAN IKLAN TERHADAP MINAT BELI ( Studi Kasus Terhadap Pengguna Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario Di Kota Semarang )

ARIANI, Yulia Putri and SUTOPO, Sutopo,(16 September 2010), ANALISIS PENGARUH PANDANGAN IKLAN, KREDIBILITAS IKLAN, DAYA TARIK IKLAN DAN KEKUATAN IKLAN TERHADAP MINAT BELI ( Studi Kasus Terhadap Pengguna Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario Di Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A005144.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan adalah sumber informasi utama dalam pengambilan keputusan. Kegiatan periklanan adalah salah satu alat promosi utama yang sering digunakan untuk mengarahkan komunikasi yang bersifat membujuk kepada yang ditujunya. Iklan dapat menggunakan banyak media, salah satunya adalah media televisi. Bintang televisi, aktor dan atlet terkenal banyak digunakan dalam iklan majalah, maupun TV komersial untuk mendukung produk. Bintang iklan (celebrity endorser) bergerak sebagai orang yang berbicara tentang produk yang akan mempengaruhi sifat dan perilaku konsumen yang menunjuk pada produk yang didukungnya. Salah satu produk yang sering diiklankan adalah Honda Vario dengan model atau bintang iklannya Agnes Monica. Model iklan atau disebut sebagai endorser dapat berperan besar dalam mempengaruhi audience didalam iklan suatu produk. Dalam buku tersebut dituliskan tentang VisCAP model yaitu bahwa model iklan (endorser) memiliki karakteristik antara lain Visibility, Credibility, Attraction dan Power. Penggunaan bintang idola iklan berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pandangan Iklan (Visibility), Kredibilitas Iklan (Credibility), Daya Tarik Iklan (Attraction) dan Kekuatan Iklan (Power) terhadap Minat Beli kendaraan bermotor merek Honda Vario di Kota Semarang Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang yang berjumlah 100 responden. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 13 menunjukkan bahwa: (1). Pandangan Iklan (visibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (2). Kredibilitas Iklan (credibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (3). Daya tarik Iklan (attraction) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (4). Kekuatan Iklan (power) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Besarnya pengaruh pandangan Iklan, kredibilitas Iklan, daya tarik Iklan, dan kekuatan iklan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario adalah sebesar 66,2% (adjusted r square = 0,662), sementara 33,8% (100%-66,2%) minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Keywords : Views (Visibility), Credibility (Credibility), Attraction(Attraction), Power (Power) and the Interest Purchase, Pandangan (Visibility), Kredibilitas (Credibility), Daya Tarik (Attraction), Kekuatan (Power) dan Minat Beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 06:39
Last Modified: 29 Sep 2020 06:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6869

Actions (login required)

View Item
View Item