ARIANI, Yulia Putri and SUTOPO, Sutopo,(16 September 2010), ANALISIS PENGARUH PANDANGAN IKLAN, KREDIBILITAS IKLAN, DAYA TARIK IKLAN DAN KEKUATAN IKLAN TERHADAP MINAT BELI ( Studi Kasus Terhadap Pengguna Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario Di Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Iklan adalah sumber informasi utama dalam pengambilan keputusan.
Kegiatan periklanan adalah salah satu alat promosi utama yang sering digunakan
untuk mengarahkan komunikasi yang bersifat membujuk kepada yang ditujunya.
Iklan dapat menggunakan banyak media, salah satunya adalah media televisi.
Bintang televisi, aktor dan atlet terkenal banyak digunakan dalam iklan majalah,
maupun TV komersial untuk mendukung produk. Bintang iklan (celebrity
endorser) bergerak sebagai orang yang berbicara tentang produk yang akan
mempengaruhi sifat dan perilaku konsumen yang menunjuk pada produk yang
didukungnya. Salah satu produk yang sering diiklankan adalah Honda Vario
dengan model atau bintang iklannya Agnes Monica. Model iklan atau disebut
sebagai endorser dapat berperan besar dalam mempengaruhi audience didalam
iklan suatu produk. Dalam buku tersebut dituliskan tentang VisCAP model yaitu
bahwa model iklan (endorser) memiliki karakteristik antara lain Visibility,
Credibility, Attraction dan Power. Penggunaan bintang idola iklan berpengaruh
besar terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh Pandangan Iklan (Visibility), Kredibilitas Iklan
(Credibility), Daya Tarik Iklan (Attraction) dan Kekuatan Iklan (Power) terhadap
Minat Beli kendaraan bermotor merek Honda Vario di Kota Semarang
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda
motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini
adalah sebagian konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda
Vario di Kota Semarang yang berjumlah 100 responden. Jenis datanya adalah
primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang
digunakan adalah regresi berganda.
Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 13 menunjukkan bahwa:
(1). Pandangan Iklan (visibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli
sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (2). Kredibilitas Iklan
(credibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek
Honda Vario di Kota Semarang. (3). Daya tarik Iklan (attraction) berpengaruh
signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota
Semarang. (4). Kekuatan Iklan (power) berpengaruh signifikan terhadap minat
beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Besarnya
pengaruh pandangan Iklan, kredibilitas Iklan, daya tarik Iklan, dan kekuatan iklan
terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario adalah sebesar 66,2%
(adjusted r square = 0,662), sementara 33,8% (100%-66,2%) minat beli sepeda
motor matic merek Honda Vario dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak
diteliti.
Keywords : | Views (Visibility), Credibility (Credibility), Attraction(Attraction), Power (Power) and the Interest Purchase, Pandangan (Visibility), Kredibilitas (Credibility), Daya Tarik (Attraction), Kekuatan (Power) dan Minat Beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 06:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 06:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6869 |