CHAERUNISA, Jihan Ayu and MUDIANTONO, Mudiantono,(15 May 2020), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MINAT PEMBELIAN SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus pada Produk The Body Shop di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (230kB)
Download (230kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (246kB)
Download (246kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (254kB)
Download (254kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pemanasan global yang semakin parah mendorong dan menggerakkan hati
masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian bumi dan lingkungan. Salah satu
langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi produk yang ramah
bagi lingkungan. Penelitian mengenai perilaku pembelian ramah lingkungan di
Indonesia masih sedikit dan jarang dibanding dengan di negara lain.
Mempertimbangkan hal ini, peneliti berusaha untuk menganalisis apa saja faktor
yang memengaruhi konsumen dalam perilaku pembelian ramah lingkungan di
Indonesia, khusunya di kota Semarang.
Berdasarkan fenomena diatas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kesediaan untuk membayar, sikap, pengaruh antar individu dan pengetahuan
tentang produk terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen The Body Shop yang berdomisili
di Kota Semarang dan pernah melakukan pembelian produk The Body Shop
minimal satu kali. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150
responden. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM)
dengan alat analisis AMOS Ver.23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesediaan untuk membayar dan
pengaruh antar individu berpengaruh negatif terhadap minat beli. Sikap dan
pengetahuan tentang produk berpengaruh positif terhadap minat beli. Kesediaan
untuk membayar, minat beli dan pengetahuan tentang produk berpengaruh positif
terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan.
Keywords : | willingness to pay, attitudes, interpersonal influences, product knowledge, buying interest, environmentally friendly purchasing behavior., kesediaan untuk membayar, sikap, pengaruh antar individu, pengetahuan tentang produk, minat beli, perilaku pembelian ramah lingkungan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 03:51 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 03:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7085 |