ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MINAT PEMBELIAN SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus pada Produk The Body Shop di Kota Semarang)

CHAERUNISA, Jihan Ayu and MUDIANTONO, Mudiantono,(15 May 2020), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MINAT PEMBELIAN SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus pada Produk The Body Shop di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (246kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (254kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanasan global yang semakin parah mendorong dan menggerakkan hati masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian bumi dan lingkungan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi produk yang ramah bagi lingkungan. Penelitian mengenai perilaku pembelian ramah lingkungan di Indonesia masih sedikit dan jarang dibanding dengan di negara lain. Mempertimbangkan hal ini, peneliti berusaha untuk menganalisis apa saja faktor yang memengaruhi konsumen dalam perilaku pembelian ramah lingkungan di Indonesia, khusunya di kota Semarang. Berdasarkan fenomena diatas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesediaan untuk membayar, sikap, pengaruh antar individu dan pengetahuan tentang produk terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen The Body Shop yang berdomisili di Kota Semarang dan pernah melakukan pembelian produk The Body Shop minimal satu kali. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS Ver.23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesediaan untuk membayar dan pengaruh antar individu berpengaruh negatif terhadap minat beli. Sikap dan pengetahuan tentang produk berpengaruh positif terhadap minat beli. Kesediaan untuk membayar, minat beli dan pengetahuan tentang produk berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan.
Keywords : willingness to pay, attitudes, interpersonal influences, product knowledge, buying interest, environmentally friendly purchasing behavior., kesediaan untuk membayar, sikap, pengaruh antar individu, pengetahuan tentang produk, minat beli, perilaku pembelian ramah lingkungan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:51
Last Modified: 09 Oct 2020 03:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7085

Actions (login required)

View Item
View Item