PERMATASARI, Hesti Dyah and PRASETIONO, Prasetiono,(16 October 2014), PENGARUH LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (47kB)
Download (47kB)
Text
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text
- Published Version
Download (181kB)
Download (181kB)
Text
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan
pertimbangan penting yang terkait dengan keputusan investasi seorang investor.
Perusahaan dengan pengungkapan CSR yang baik memiliki reputasi yang baik di
masyarakat dan bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang. Adapun faktor
yang mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu leverage, tipe
industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan
profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR).
Penelitian ini menguji pengungkapan CSR pada perusahaan yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2010-2012. Sampel
penelitian ini adalah 34 perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode
penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan
metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
SPSS 17.0.
Dari hasil uji koefisien determinasi (R
2
) didapat nilai sebesar 70,4% CSR
dapat dijelaskan oleh leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas,
sedangkan sisanya sebesar 29,6% dijelaskan oleh faktor lain diluar variabel
leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Dari hasil pengujian
hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa (i) variabel leverage
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap CSR; (ii) variabel tipe industri
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap CSR; (iii) variabel ukuran
perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR; (iv) variabel
profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR. Dari hasil uji
hipotesis secara signifikan (uji f) dapat dikatakan ada pengaruh positif dan
signifikan secara simultan antara leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan
profitabilitas terhadap CSR.
Keywords : | leverage, industry type, firm size, profitability, corporate social responsibility, leverage, tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, corporate social responsibility |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 08:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 08:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7352 |