PENGARUH LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012)

PERMATASARI, Hesti Dyah and PRASETIONO, Prasetiono,(16 October 2014), PENGARUH LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A009084.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan pertimbangan penting yang terkait dengan keputusan investasi seorang investor. Perusahaan dengan pengungkapan CSR yang baik memiliki reputasi yang baik di masyarakat dan bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang. Adapun faktor yang mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini menguji pengungkapan CSR pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2010-2012. Sampel penelitian ini adalah 34 perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 17.0. Dari hasil uji koefisien determinasi (R 2 ) didapat nilai sebesar 70,4% CSR dapat dijelaskan oleh leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas, sedangkan sisanya sebesar 29,6% dijelaskan oleh faktor lain diluar variabel leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa (i) variabel leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap CSR; (ii) variabel tipe industri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap CSR; (iii) variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR; (iv) variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR. Dari hasil uji hipotesis secara signifikan (uji f) dapat dikatakan ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara leverage, tipe industri, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap CSR.
Keywords : leverage, industry type, firm size, profitability, corporate social responsibility, leverage, tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, corporate social responsibility
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 19 Oct 2020 08:44
Last Modified: 19 Oct 2020 08:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7352

Actions (login required)

View Item
View Item