STRATEGI KOMERSIALISASI PRODUK INOVASI TEKNOLOGI DI INDONESIA (STUDI KASUS DI BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI)

ANGGRAENI, Anindya Pridanti and KUSUMAWARDHANI, Amie,(15 December 2020), STRATEGI KOMERSIALISASI PRODUK INOVASI TEKNOLOGI DI INDONESIA (STUDI KASUS DI BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (382kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini meneliti strategi komersialisasi yang dijalankan oleh salah satu lembaga riset pemerintah Indonesia yaitu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam upaya mengkomersialisasikan hasil produk inovasi teknologi demi meningkatkan daya saing menuju kemandirian bangsa. Penelitian ini menjelaskan bagaimana BPPT mendorong pembuatan produk dan layanan teknologi melalui proses penciptaan inovasi dengan pengembangan strategi yang efektif untuk mengkomersialkan produk teknologi, dan bagaimana pelaksanaan proses bisnis dan proses inkubasi produk di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menjadikan pegawai BPPT sebagai narasumber yang terlibat dalam penelitian ini. Narasumber yang terlibat adalah sejumlah pegawai dengan jabatan yang terkait dengan tujuan dari rumusan penelitian ini. Pengambilan data menggunakan metode wawancara mendalam dilakukan secara langsung kepada para narasumber tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa BPPT meluncurkan strategi komersialisasi dengan berfokus pada penciptaan produk inovasi teknologi berdasarkan permintaan dari pasar yang mendukung kebutuhan industri. Selain itu dalam penelitian ini ditemukan adanya keberhasilan dalam memasarkan produk dikarenakan BPPT sebagai lembaga di bidang pengkajian dan penerapan teknologi telah memiliki pengguna yang sesuai dengan target institusi. Temuan lain juga didapatkan bahwa proses bisnis yang berlangsung terdiri dari sepuluh tahap, yaitu riset, penyingkapan teknologi, penilaian, perlindungan kekayaan intelektual, pemasaran teknologi, seleksi mitra terbaik, perjanjian kerjasama, manajemen proyek, pembayaran dan royalti dan re-investasi, untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Selanjutnya dalam penelitian ini ditemukan wawasan dan perspektif baru yang sangat berharga bahwa komersialisasi produk teknologi dari suatu lembaga riset lebih berhasil bilamana didukung pula oleh penyusunan rencana strategis yang jelas, terencana dan terukur, sehingga strategi dalam meningkatkan peran teknologi melalui inovasi dan layanan teknologi akan sejalan dengan arah pembangunan nasional.
Keywords : Technology commercialization, Product innovation, Product development, Business strategy, Qualitative approach, Komersialisasi teknologi, Produk inovasi, Pengembangan produk,Strategi bisnis, Pendekatan kualitatif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Anindya Anggraeni
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:35
Last Modified: 13 Jan 2021 02:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item
View Item