ANGGRAENI, Anindya Pridanti and KUSUMAWARDHANI, Amie,(15 December 2020), STRATEGI KOMERSIALISASI PRODUK INOVASI TEKNOLOGI DI INDONESIA (STUDI KASUS DI BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (138kB)
Download (138kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (382kB)
Download (382kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Studi ini meneliti strategi komersialisasi yang dijalankan oleh salah satu
lembaga riset pemerintah Indonesia yaitu Badan Pengkajian dan Penerapan
Teknologi (BPPT) dalam upaya mengkomersialisasikan hasil produk inovasi
teknologi demi meningkatkan daya saing menuju kemandirian bangsa. Penelitian
ini menjelaskan bagaimana BPPT mendorong pembuatan produk dan layanan
teknologi melalui proses penciptaan inovasi dengan pengembangan strategi yang
efektif untuk mengkomersialkan produk teknologi, dan bagaimana pelaksanaan
proses bisnis dan proses inkubasi produk di dalamnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus dan menjadikan pegawai BPPT sebagai narasumber yang terlibat dalam
penelitian ini. Narasumber yang terlibat adalah sejumlah pegawai dengan jabatan
yang terkait dengan tujuan dari rumusan penelitian ini. Pengambilan data
menggunakan metode wawancara mendalam dilakukan secara langsung kepada
para narasumber tersebut.
Penelitian ini menemukan bahwa BPPT meluncurkan strategi
komersialisasi dengan berfokus pada penciptaan produk inovasi teknologi
berdasarkan permintaan dari pasar yang mendukung kebutuhan industri. Selain
itu dalam penelitian ini ditemukan adanya keberhasilan dalam memasarkan
produk dikarenakan BPPT sebagai lembaga di bidang pengkajian dan penerapan
teknologi telah memiliki pengguna yang sesuai dengan target institusi. Temuan
lain juga didapatkan bahwa proses bisnis yang berlangsung terdiri dari sepuluh
tahap, yaitu riset, penyingkapan teknologi, penilaian, perlindungan kekayaan
intelektual, pemasaran teknologi, seleksi mitra terbaik, perjanjian kerjasama,
manajemen proyek, pembayaran dan royalti dan re-investasi, untuk meraih
kesuksesan dalam bisnis. Selanjutnya dalam penelitian ini ditemukan wawasan
dan perspektif baru yang sangat berharga bahwa komersialisasi produk teknologi
dari suatu lembaga riset lebih berhasil bilamana didukung pula oleh penyusunan
rencana strategis yang jelas, terencana dan terukur, sehingga strategi dalam
meningkatkan peran teknologi melalui inovasi dan layanan teknologi akan sejalan
dengan arah pembangunan nasional.
Keywords : | Technology commercialization, Product innovation, Product development, Business strategy, Qualitative approach, Komersialisasi teknologi, Produk inovasi, Pengembangan produk,Strategi bisnis, Pendekatan kualitatif. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Anindya Anggraeni |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 02:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 02:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7977 |