PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Usaha Kecil dan Menengah Sektor Perdagangan Berbasis Online Di Provinsi Jawa Tengah)

PURWANTO, Hendro and RAHARDJO, Susilo Toto and MAHFUDZ, Mahfudz,(30 January 2021), PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Usaha Kecil dan Menengah Sektor Perdagangan Berbasis Online Di Provinsi Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (159kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (370kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi inovasi, adopsi teknologi informasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing yang implikasinya pada Kinerja Perusahaan. Permasalahan yang diperoleh dari penelitian pendahuluan adalah kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis Online di Jawa Tengah tidak meningkat secara maksimal. Populasi penelitian ini adalah pemilik atau pengelola Usaha Kecil dan Menengah berbasis online di Jawa Tengah dan pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Analisis Faktor Konfirmatori digunakan untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan Software AMOS 24 untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, ada pengaruh yang signifikan dan positif dari Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing. Kedua, ada pengaruh yang signifikan dan poistif dari Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan Orientasi Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis. Terdapat beberapa batasan dalam penelitian ini, responden penelitian ini adalah pemilik atau pengelola usaha Kecil dan Menengah berbasis online di Jawa Tengah, sehingga mereka tidak dapat digeneralisir ke usaha mikro maupun usaha kecil dan Menengah di Jawa Tengah yang belum berbasis online, dan adanya pemahaman dan minat responden untuk mengisi kuesioner masih kurang. Terlepas dari keterbatasan penelitian tersebut, diharapkan penelitian ini dapat menjawab kesenjangan penelitian dalam penelitian ini dan hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan terhadap keputusan strategis yang akan diambil oleh pemilik atau pengelola Usaha Kecil dan Menengah berbasis online di Jawa Tengah.
Keywords : Innovation Strategy, Information Technology Adoption, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Online SME, Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis, UMKM online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mr Hendro Purwanto
Date Deposited: 19 May 2021 07:06
Last Modified: 19 May 2021 07:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item
View Item