PURWANTO, Hendro and RAHARDJO, Susilo Toto and MAHFUDZ, Mahfudz,(30 January 2021), PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Usaha Kecil dan Menengah Sektor Perdagangan Berbasis Online Di Provinsi Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (159kB)
Download (159kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (370kB)
Download (370kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (13MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (13MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi inovasi, adopsi teknologi
informasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing yang
implikasinya pada Kinerja Perusahaan. Permasalahan yang diperoleh dari
penelitian pendahuluan adalah kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis
Online di Jawa Tengah tidak meningkat secara maksimal.
Populasi penelitian ini adalah pemilik atau pengelola Usaha Kecil dan Menengah
berbasis online di Jawa Tengah dan pengumpulan data dilakukan dengan
membagikan kuesioner kepada responden. Analisis Faktor Konfirmatori digunakan
untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan Software AMOS 24 untuk
menganalisis data yang telah dikumpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, ada pengaruh yang signifikan
dan positif dari Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan Orientasi
Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing. Kedua, ada pengaruh yang
signifikan dan poistif dari Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan
Orientasi Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis.
Terdapat beberapa batasan dalam penelitian ini, responden penelitian ini adalah
pemilik atau pengelola usaha Kecil dan Menengah berbasis online di Jawa Tengah,
sehingga mereka tidak dapat digeneralisir ke usaha mikro maupun usaha kecil dan
Menengah di Jawa Tengah yang belum berbasis online, dan adanya pemahaman
dan minat responden untuk mengisi kuesioner masih kurang. Terlepas dari
keterbatasan penelitian tersebut, diharapkan penelitian ini dapat menjawab
kesenjangan penelitian dalam penelitian ini dan hasil penelitian ini diharapkan
mampu memberikan masukan terhadap keputusan strategis yang akan diambil oleh
pemilik atau pengelola Usaha Kecil dan Menengah berbasis online di Jawa Tengah.
Keywords : | Innovation Strategy, Information Technology Adoption, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Online SME, Strategi Inovasi, Adopsi Teknologi Informasi dan Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis, UMKM online |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mr Hendro Purwanto |
Date Deposited: | 19 May 2021 07:06 |
Last Modified: | 19 May 2021 07:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8523 |