BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMIKIRAN STRATEGIK DAN PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING

RETNANINGTIJAS, Julia and SURYANTO, Suryanto and RAHARDJO, Susilo Toto,(23 April 2008), BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMIKIRAN STRATEGIK DAN PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (119kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (299kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (324kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (382kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

The Report of 2002’s Laporan Pertumbuhan Telekomunikasi Dunia 2002 yang dipublikasikan kembali oleh (Hermawan Kartajaya, On becoming Customer Centric Company, 2004,p:25) bahwa International Telecommunication Union (ITU) menyatakan bahwa sector telekomunikasi menggunakan kata-kata kunci : ,”privasi”, “bersaing”, “bergerak”, dan ,”mendunia”. Dalam mencapai keunggulan bersaingnya, bisnis sektor telekomunikasi di manapun di dunia ini dipersyaratkan untuk memberikan solusi bagi para pelanggannya dan pasarnya. Dewasa ini, ketika sector telekomunikasi dihadapkan persaingan yang ketat terhadap penyedia jasa lainnya, para pelanggannya tidak lagi loyal kepada satu penyedia jasa saja yang disebabkan begitu banyaknya pilihan yang dapat lebih tepat bagi mereka. Maka penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh Pemikiran Strategik atau Perencanaan Strategik dalam Mencapai Keunggulan Bersaing TELKOM Indonesia lokasi Jawa Tengah dan DIY. Masalah Penelitian yang diajukan ialah guna mengetahui pengaruh dari Pembelajaran Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal terhadap Pemikiran Strategik dan Perencanaan Strategik. Kemudian untuk mengetahui pengaruh Pemikiran Strategik dan Perencanaan Strategik terhadap Keunggulan Bersaing. Berdasarkan model teori dengan 8 (delapan) hipotesis yang diajukan untuk diuji dengan Structural Equation Model (SEM). Sample penelitian ialah 117 responden yang menjadi top manajemen dan pegawai yang berperan (langsung atau tidak langsung) pada penyusunan perencanaan strategic TELKOM Indonesia lokasi Jawa Tengah dan DIY. Hasil analisa dari Structural Equation Model (SEM) memenuhi criteria Goodness of Fit. Berikut hasilnya : chi – square = 546,425, Probabilitas = 0,171, CMIN/DF = 1,059, GFI = 0,797, AGFI =0,765, TLI = 0,980, CFI =0,982, RMSEA = 0,023. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pembelajaran Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal terhadap Pemikiran Strategik atau Perencanaan Strategik. Bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pemikiran Strategik atau Perencanaan Strategik terhadap Keunggulan Bersaing. Lebih dari itu, penelitian ini membuktikan dalam mencapai Keunggulan Bersaing di Bisnis Telekomunikasi bahwa faktor Perencanaan Strategik sedikit lebih berpengaruh dibandingkan faktor Pemikiran Strategik (Kasus TELKOM Indonesia Lokasi JATENG dan DIY)
Keywords : Keywords : The Telecommunication Business Sector, Organizational Learning, Marketing Knowledge, External Environment, Strategic Thinking, Strategic Planning, Competitive Advantage, Kata-kata Kunci : Sektor Bisnis Telekomunikasi, Pembelajaran Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal, Pemikiran Strategik, Perencanaan Strategik, Keunggulan Bersaing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:28
Last Modified: 03 Aug 2021 06:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item
View Item