RETNANINGTIJAS, Julia and SURYANTO, Suryanto and RAHARDJO, Susilo Toto,(23 April 2008), BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMIKIRAN STRATEGIK DAN PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (299kB)
Download (299kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (299kB)
Download (299kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (324kB)
Download (324kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (382kB)
Download (382kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
The Report of 2002’s Laporan Pertumbuhan Telekomunikasi Dunia 2002 yang
dipublikasikan kembali oleh (Hermawan Kartajaya, On becoming Customer Centric Company,
2004,p:25) bahwa International Telecommunication Union (ITU) menyatakan bahwa sector
telekomunikasi menggunakan kata-kata kunci : ,”privasi”, “bersaing”, “bergerak”, dan
,”mendunia”. Dalam mencapai keunggulan bersaingnya, bisnis sektor telekomunikasi di
manapun di dunia ini dipersyaratkan untuk memberikan solusi bagi para pelanggannya dan
pasarnya.
Dewasa ini, ketika sector telekomunikasi dihadapkan persaingan yang ketat terhadap
penyedia jasa lainnya, para pelanggannya tidak lagi loyal kepada satu penyedia jasa saja yang
disebabkan begitu banyaknya pilihan yang dapat lebih tepat bagi mereka. Maka penelitian ini
bertujuan menganalisa pengaruh Pemikiran Strategik atau Perencanaan Strategik dalam
Mencapai Keunggulan Bersaing TELKOM Indonesia lokasi Jawa Tengah dan DIY.
Masalah Penelitian yang diajukan ialah guna mengetahui pengaruh dari Pembelajaran
Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal terhadap Pemikiran Strategik dan
Perencanaan Strategik. Kemudian untuk mengetahui pengaruh Pemikiran Strategik dan
Perencanaan Strategik terhadap Keunggulan Bersaing. Berdasarkan model teori dengan 8
(delapan) hipotesis yang diajukan untuk diuji dengan Structural Equation Model (SEM). Sample
penelitian ialah 117 responden yang menjadi top manajemen dan pegawai yang
berperan (langsung atau tidak langsung) pada penyusunan perencanaan strategic
TELKOM Indonesia lokasi Jawa Tengah dan DIY.
Hasil analisa dari Structural Equation Model (SEM) memenuhi criteria Goodness of Fit.
Berikut hasilnya : chi – square = 546,425, Probabilitas = 0,171, CMIN/DF = 1,059, GFI = 0,797,
AGFI =0,765, TLI = 0,980, CFI =0,982, RMSEA = 0,023.
Hasil penelitian in menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pembelajaran
Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal terhadap Pemikiran Strategik atau
Perencanaan Strategik. Bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pemikiran Strategik atau
Perencanaan Strategik terhadap Keunggulan Bersaing. Lebih dari itu, penelitian ini membuktikan
dalam mencapai Keunggulan Bersaing di Bisnis Telekomunikasi bahwa faktor Perencanaan
Strategik sedikit lebih berpengaruh dibandingkan faktor Pemikiran Strategik (Kasus TELKOM
Indonesia Lokasi JATENG dan DIY)
Keywords : | Keywords : The Telecommunication Business Sector, Organizational Learning, Marketing Knowledge, External Environment, Strategic Thinking, Strategic Planning, Competitive Advantage, Kata-kata Kunci : Sektor Bisnis Telekomunikasi, Pembelajaran Organisasi, Pengetahuan Pemasaran, Lingkungan Eksternal, Pemikiran Strategik, Perencanaan Strategik, Keunggulan Bersaing. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 06:28 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 06:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8939 |