RUZIKA, risadho luhur and AMINATA, Jaka,(30 April 2021), ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEH INDONESIA DI PASAR DUNIA TAHUN 2009 – 2018. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (103kB)
Download (103kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (399kB)
Download (399kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (228kB)
Download (228kB)
Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Teh merupakan salah satu komoditas utama yang menjadi minuman favorit di dunia dan memiliki permintaan yang tinggi terhadap komoditi tersebut.Negara pengekspor teh terbesar di dunia adalah China, India, Vietnam, Turki dan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan daya saing ekspor teh Indonesia di pasar dunia apakah layak bersaing atau tidak dengan negara eksportir teh lainnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah posisi daya saing ekspor teh Indonesia, spesialisasi perdagangan teh Indonesia, dan perkembangan daya saing ekspor teh Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis yang digunakan dalam mengetahui kekuatan daya saing produk ekspor teh di Indonesia menggunakan analisis RevealedComparative Advantage (RCA) yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan mengolah data kemudian diperjelas dengan menggunakan analisis Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA) ,analisis Constant Market Share Analysis (CMSA) untuk mengukur dinamika tingkat daya saing suatu industri dari suatu negara dan efek yang paling mempengaruhinya dan analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) yang digunakan untuk menganalisis posisi atau tahapan perkembangan suatu produk sehingga dapat dilihat kecenderungan suatu negara sebagai eksportir atau importir. Hasil dari penelitian menggunakan empat metode diatas bahwa daya saing ekspor teh Indonesia di pasar dunia dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang fluktuatif.
Keywords : | Indonesian Tea Export Value, Competitiveness, RCA, RSCA, ISP, CMSA, Nilai Ekspor Teh Indonesia, Daya Saing, RCA, RSCA, ISP, CMSA |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Risadho Luhur Ruzika |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:15 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:15 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8986 |