ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEH INDONESIA DI PASAR DUNIA TAHUN 2009 – 2018

RUZIKA, risadho luhur and AMINATA, Jaka,(30 April 2021), ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEH INDONESIA DI PASAR DUNIA TAHUN 2009 – 2018. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (399kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teh merupakan salah satu komoditas utama yang menjadi minuman favorit di dunia dan memiliki permintaan yang tinggi terhadap komoditi tersebut.Negara pengekspor teh terbesar di dunia adalah China, India, Vietnam, Turki dan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan daya saing ekspor teh Indonesia di pasar dunia apakah layak bersaing atau tidak dengan negara eksportir teh lainnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah posisi daya saing ekspor teh Indonesia, spesialisasi perdagangan teh Indonesia, dan perkembangan daya saing ekspor teh Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis yang digunakan dalam mengetahui kekuatan daya saing produk ekspor teh di Indonesia menggunakan analisis RevealedComparative Advantage (RCA) yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan mengolah data kemudian diperjelas dengan menggunakan analisis Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA) ,analisis Constant Market Share Analysis (CMSA) untuk mengukur dinamika tingkat daya saing suatu industri dari suatu negara dan efek yang paling mempengaruhinya dan analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) yang digunakan untuk menganalisis posisi atau tahapan perkembangan suatu produk sehingga dapat dilihat kecenderungan suatu negara sebagai eksportir atau importir. Hasil dari penelitian menggunakan empat metode diatas bahwa daya saing ekspor teh Indonesia di pasar dunia dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang fluktuatif.
Keywords : Indonesian Tea Export Value, Competitiveness, RCA, RSCA, ISP, CMSA, Nilai Ekspor Teh Indonesia, Daya Saing, RCA, RSCA, ISP, CMSA
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Risadho Luhur Ruzika
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:15
Last Modified: 12 Aug 2021 04:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8986

Actions (login required)

View Item
View Item