ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF BALANCE SCORE CARD TERHADAP PERILAKU KERJA MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada PDAM di Jawa Tengah)

SHOFYAN, Edy and SOEGIONO, Soegiono,(February 2018), ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF BALANCE SCORE CARD TERHADAP PERILAKU KERJA MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada PDAM di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (437kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (414kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (413kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (419kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (416kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan masih menjadi fokus pengukuran kinerja PDAM yang dilakukan oleh akuntan publik maupun oleh BPKP yang selalu menghasilkan penilaian kinerja yang cukup baik. Fenomena tersebut mengarahkan penelitian ini untuk mengetahui dampak perspektif BSC terhadap perilaku kerja manajer PDAM Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini mengembangkan sebuah model penelitian dengan melibatkan enam variabel penelitian, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perilaku kerja manajer dan kinerja perusahaan. Pengukuran variabel tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dijawab oleh responden penelitian manajer PDAM di Jawa Tengah. Hasil pengukuran tersebut menjadi basis data dalam analisis data yang dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis data dengan SEM menunjukkan bahwa perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran terbukti secara statistik berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku kerja manajer. Sedangkan kinerja perusahaan secara statistik dapat dijelaskan oleh perilaku kerja manajer, perspektif keuangan dan proses bisnis internal
Keywords : financial perspective, customer, internal business process, proven growth and learning, manager's work behavior, corporate performance, perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran terbukti, perilaku kerja manajer, kinerja perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Nov 2021 08:41
Last Modified: 03 Nov 2021 08:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item
View Item