SHOFYAN, Edy and SOEGIONO, Soegiono,(February 2018), ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF BALANCE SCORE CARD TERHADAP PERILAKU KERJA MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada PDAM di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (437kB)
Download (437kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (414kB)
Download (414kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (413kB)
Download (413kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (419kB)
Download (419kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (416kB)
Download (416kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kinerja keuangan masih menjadi fokus pengukuran kinerja PDAM yang
dilakukan oleh akuntan publik maupun oleh BPKP yang selalu menghasilkan
penilaian kinerja yang cukup baik. Fenomena tersebut mengarahkan penelitian ini
untuk mengetahui dampak perspektif BSC terhadap perilaku kerja manajer
PDAM Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kinerja perusahaan.
Penelitian ini mengembangkan sebuah model penelitian dengan melibatkan
enam variabel penelitian, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran,
perilaku kerja manajer dan kinerja perusahaan. Pengukuran variabel tersebut
dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dijawab oleh responden
penelitian manajer PDAM di Jawa Tengah. Hasil pengukuran tersebut menjadi
basis data dalam analisis data yang dilakukan dengan pendekatan Structural
Equation Modeling (SEM).
Hasil analisis data dengan SEM menunjukkan bahwa perspektif keuangan,
pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran terbukti
secara statistik berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku kerja manajer.
Sedangkan kinerja perusahaan secara statistik dapat dijelaskan oleh perilaku kerja
manajer, perspektif keuangan dan proses bisnis internal
Keywords : | financial perspective, customer, internal business process, proven growth and learning, manager's work behavior, corporate performance, perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran terbukti, perilaku kerja manajer, kinerja perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 08:41 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 08:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9510 |