ANALISIS PENGARUH KREDIT, PEMBINAAN DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA UMKM BATIK TEGALAN DI KABUPATEN TEGAL

HASAN, Nurkholis and SETIAWAN, Achma Hendra,(8 December 2021), ANALISIS PENGARUH KREDIT, PEMBINAAN DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA UMKM BATIK TEGALAN DI KABUPATEN TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM Batik Tegalan merupakan usaha yang memiliki nilai kebudayaan yang tinggi serta menurut data BPS Kabupaten Tegal menyatakan bahwa Usaha Pengolaan menempati urutan tertinggi yang mana produk Batik merupakan urutan pertama di Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kredit, pembinaan dan strategi pemasaran terhadap kinerja UMKM Batik Tegalan di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode kuesioner. Kuesioner didapatkan dari 70 responden yang merupakan pemilik UMKM Batik Tegalan yang menggunakan fasilitas Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Keuangan lain, serta sudah memiliki tempat usaha. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel kredit,pembinaan dan strategi pemasaran terhadap kinerja UMKM Batik Tegalan di Kabupaten Tegal yang dapat diketahui pada nilai tingkat signifikansi < 0,05. Variabel kredit bepengaruh positif dengan nilai β sebesar 0,378, variabel pembinaan berpengaruh positif dengan nilai β sebesar 0,202 dan Variabel strategi pemasaran juga berpengaruh positif dengan nilai β sebesar 0,375.
Keywords : MSME Batik Tegalan, Credit, Development, Marketing Strategy, Tegal Regency, UMKM Batik Tegalan, Kredit, Pembinaan, Strategi Pemasaran, Kabupaten Tegal
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Nurkholis Hasan
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:03
Last Modified: 29 Dec 2021 08:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item
View Item