MAURISA, Kumala Dita and FERDINAND, Augusty Tae,(May 2007), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI TENAGA PENJUAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA TENAGA PENJUAL (Studi Empiris pada Tenaga Penjual Dealer-Dealer Mobil di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (442kB)
Download (442kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (537kB)
Download (537kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (553kB)
Download (553kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (555kB)
Download (555kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (563kB)
Download (563kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tenaga penjual berperan penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan.
Dengan mengembangkan kinerja tenaga penjual, diharapkan kinerja perusahaan juga
ikut berkembang. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjual, yaitu melalui pengembangan variabel
orientasi pembelajaran, orientasi pelanggan, dan kompetensi tenaga penjual.
Untuk membahas permasalahan tersebut, diajukan model penelitian yang
terdiri dari empat konstruk, 13 indikator, dan tiga hipotesis. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan penyebaran 130 kuesioner dengan menggunakan sampel para
tenaga penjual pada dealer-dealer mobil di Kota Semarang. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling.
Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness of Fit Index ; X2
(chi square)
76.670, probability 0.085 (≥0.05), RMSEA 0.045 (≤0.08), GFI 0.917 (≥0.90), AGFI
0.876 (≥0.90), TLI 0.990 (≥0.95), CFI 0.992 (≥0.95), sehingga dapat dikatakan
bahwa model penelitian ini layak digunakan. Pengujian atas hipotesis yang diajukan
menunjukkan bahwa ketiga hipotesis telah memenuhi syarat yang ditentukan, yaitu
nilai CR>2 dengan tingkat probabilitas <0,05.
Dari hasil analisis tersebut diajukan implikasi teoritis bahwa orientasi
pembelajaran, orientasi pelanggan, dan kompetensi tenaga penjual berpengaruh
terhadap kinerja tenaga penjual sesuai dengan dukungan teori yang digunakan
Keywords : | Learning Orientation, Customer Orientation, Salesperson Competencies,and Salesperson Performance., Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pelanggan, Kompetensi Tenaga Penjual, dan Kinerja Tenaga Penjual. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:12 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:12 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10063 |