HARYADI, Rudi and SUFIAN, Syuhada and SUSILOWATI, Indah,(24 March 2009), PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING TERHADAP PILIHAN KONSUMEN MELALUI PENDEKATAN MARKETING MIX (Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (46kB)
Download (46kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (123kB)
Download (123kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Sejak beberapa dekade terakhir kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya
pelestarian lingkungan semakin meningkat, peningkatan ini dicetuskan oleh adanya
kekhawatiran besar kemungkinan terjadinya bencana lingkungan hidup yang
mengancam, bukan hanya kesehatan, namun bahkan sampai pada kelangsungan hidup
manusia dan keturunannya. Adanya kesadaran konsumen akan hak-haknya untuk
mendapatkan produk yang layak, aman dan produk yang ramah lingkungan yang
semakin kuat, maka perusahaan menerapkan isu-isu lingkungan sebagai salah satu
strategi pemasarannya atau yang telah kita kenal sebagai green marketing. Hal ini
juga sesuai dengan meningkatnya perhatian pada isu lingkungan oleh pembuat
peraturan publik dapat dilihat sebagai indikasi lain bahwa kepedulian lingkungan
merupakan area yang potensial sebagai strategi bisnis. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah adanya research gap mengenai strategi green marketing yang merupakan
strategi potensial sebagai strategi bisnis dan telah digunakan sebagai poros strategi
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi green
marketing terhadap pilihan pelanggan perusahaan kosmetik Body Shop Jakarta.
Metode pengumpulan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah
pelanggan perusahaan kosmetik The Body Shop di Jakarta, dengan jumlah sampel
120 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode sensus yang memakai semua anggota populasi sebagai sampel penelitian.
Pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini akan dilakukan secara multivariate
dengan menggunakan regresi logistik. Regresi logistik digunakan karena variabel
bebasnya kombinasi antara metrik dan nominal (non metrik).
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga, produk, tempat dan jenis
kelamin berpengaruh terhadap pilihan pelanggan. Sedangkan variabel promosi, umur
pendidikan dan pendapatan tidak berpengaruh terhadap pilihan pelanggan. Implikasi
utamanya adalah The Body Shop harus memperhatikan aspek kualitas untuk
mengimbangi harga yang tinggi dan wanita sebagai pasar utamanya
Keywords : | Keyword: price, product, demography characteristic, place, promotion, customer choice, Kata kunci : harga, produk, karakteristik demografi, tempat, promosi, pilihan pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10284 |