ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI WIRAUSAHA PEMUDA DI KABUPATEN KUDUS

HIDAYAH, Oktaviana Nur and GUNANTO, Edy Yusuf Agung and SASANA, Hadi,(30 December 2021), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI WIRAUSAHA PEMUDA DI KABUPATEN KUDUS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya peran generasi muda dalam berwirausaha menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran, keberadaan UMKM menjadi salah satu sektor yang harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya, terutama dalam upaya menumbuhkan minat wirausaha pada generasi muda. Permasalahan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya minat berwirausaha pada generasi muda di Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kreativitas, modal dan inovasi terhadap intensi berwirausaha pada generasi muda di Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS V.25 untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari variabel eksogen terhadap endogen. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha generasi muda di Kabupaten Kudus dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling sehingga diperoleh jumlah 100 sampel. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa efikasi diri, kreativitas, modal dan inovasi mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap intensi berwirausaha pada generasi muda di Kabupaten Kudus, hasil temuan ini menjelaskan bahwa dalam menumbuhkan intensi berwirausaha pada generasi muda di Kabupaten Kudus dapat diwujudkan melalui beberapa faktor antara lain efikasi diri, kreativitas, modal dan inovasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada generasi muda sebagai bentuk literatur teori dalam menumbuhkan intensi berwirausaha.
Keywords : self-efficacy, creativity, capital, innovation and entrepreneurial intentions, efikasi diri, kreativitas, modal, inovasi dan intensi berwirausaha.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Oktaviana Nur Hidayah
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:20
Last Modified: 31 Mar 2022 02:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item
View Item