PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI ADOPSI E-COMMERCE DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE (STUDI PADA USAHA MIKRO SEKTOR KERAJINAN TANGAN DI KOTA SEMARANG)

RESTIANI, Dwi and MAHFUDZ, Mahfudz,(27 September 2017), PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI ADOPSI E-COMMERCE DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE (STUDI PADA USAHA MIKRO SEKTOR KERAJINAN TANGAN DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adopsi E-commerce dapat meningkatkan kinerja bisnis bagi para pengusaha mikro di sektor kerajinan tangan di kota Semarang. Terdapat faktor�faktor memengaruhi adopsi e-commerce di usaha mikro sektor kerajinan tangan di kota Semarang, yaitu dukungan organisasi, perilaku inovatif pengusaha dan manfaat yang dirasakan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui adopsi e-commerce dan faktor-faktor yang memengaruhi adopsi e-commerce. Sampel penelitian ini berjumlah 110 responden tetapi kuesioner yang kembali sebanyak 105 kuesioner. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling, dimana setiap responden memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi responden. Responden pada penelitian ini adalah pemilik usaha mikro di sektor kerajinan tangan di kota Semarang. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada program AMOS 23. Berdasarkan enam hipotesis penelitian yang diuji terdapat empat hipotesis yang diterima. Jadi faktor-faktor yang signifikan memengaruhi adopsi e�commerce adalah faktor dukungan organisasi dan manfaat yang dirasakan. Adopsi e-commerce juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Faktor perilaku inovatif pengusaha memiliki pengaruh terhadap kinerja bisnis tanpa melalui adopsi e-commerce.
Keywords : Adoption E-commerce, Innovative Attitudes of Entrepreneurs, Perceived Benefits, Organizational Support,Business performance, Adopsi E-commerce, Perilaku Inovatif Pengusaha, Manfaat yang Dirasakan, Dukungan Organisasi, Kinerja Bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:45
Last Modified: 18 Apr 2022 07:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item
View Item