ASRI, Vincentia Chrysanti Ayu Kurnia and DWIYANTO, Bambang Munas,(6 April 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN PADA LOYALITAS PELANGGAN MELALUI VARIABEL MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Industri Rumah Tangga Jamu Putri Ayu Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (303kB)
Download (303kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (256kB)
Download (256kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (430kB)
Download (430kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (318kB)
Download (318kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Kota Semarang memiliki berbagai macam UMKM (Usaha Mikro Kecil
Menengah), salah satunya adalah Jamu Putri Ayu yang merupakan UMKM dari
kecamatan Candisari. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, penjualan Jamu
Putri Ayu mengalami banyak penurunan. Beradaptasi dengan kemajuan teknologi
dan persaingan pasar yang semakin ketat antar produsen jamu di Semarang,
UMKM Jamu Putri Ayu melakukan inovasi dengan menyediakan layanan pesan
antar, memperluas sarana pembayaran, bergabung menjadi mitra GoFood,
melakukan penjualan konvensional pada Car Free Day dan menambah variasi
produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan pada
kepuasan pelanggan dan loyalitas dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel
mediator pada industri rumah tangga Jamu Putri Ayu. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang pernah mengkonsumsi
produk Jamu Putri Ayu dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 158 responden. Metode pengumpulan
dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
penyebaran kuesioner secara online via google form. Penelitian ini menggunakan
analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis AMOS 22.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kepuasan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Disamping itu,
kualitas layanan tidak memiliki pengaruh pada kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan. Serta, dalam penelitian ini kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi
kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan.
Keywords : | service quality, customer satisfaction, customer loyalty, UMKM Jamu Putri Ayu., kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, UMKM Jamu Putri Ayu. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Vincentia Chrysanti Ayu Kurnia Asri |
Date Deposited: | 12 May 2022 02:55 |
Last Modified: | 12 May 2022 02:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10665 |