“PENGARUH KESEPIAN DI TEMPAT KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN KARYAWAN” (STUDI PADA PEKERJA REMOTE DI WILAYAH JAWA TENGAH)

NUANSA, Archi and DJASTUTI, Indi,(21 June 2022), “PENGARUH KESEPIAN DI TEMPAT KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN KARYAWAN” (STUDI PADA PEKERJA REMOTE DI WILAYAH JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of COVER] Text (COVER) - Published Version
Download (337kB)
[thumbnail of ABSTRACT (INGGRIS)] Text (ABSTRACT (INGGRIS)) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA] Text (ABSTRAK INDONESIA) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI] Text (DAFTAR ISI) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
Download (475kB)
[thumbnail of FULLTEXT PDF BOOKMARK] Text (FULLTEXT PDF BOOKMARK)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah lingkungan kerja, setiap karyawan pasti pernah mengalami kesepian dengan cara yang berbeda di dalam kehidupan kerjanya. Secara alami, karyawan tidak suka mengakui bahwa mereka cemas, depresi, atau merasakan kesepian di tempat kerja. Perubahan lingkungan kerja yang saat ini sudah terjadi memaksa karyawan untuk segera beradaptasi seperti bekerja secara remote atau jarak jauh di tempat yang berbeda.Perubahan lingkungan kerja akibat situasi pandemic covid-19 telah menimbulkan masalah pada karyawan yaitu meningkatnya kesepian saat bekerja di lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari kesepian di tempat kerja terhadap komitmen organisasi , kepuasan kerja dan kinerja karyawan dengan keterlibatan sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang telah diperoleh.Data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku dan data riset penelitian sebelumnya, sedangkan data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Untuk mengukur variabel, digunakan kuesioner yang disebarkan kepada 146 responden yang melakukan pekerjaannya secara remote working berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.2.8 untuk mengetahui koefisien jalur, serta pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, kesepian ditempat kerja memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap keterlibatan karyawan. Sedangkan keterlibatan karyawan memiliki pengaruh positif terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Selain itu keterlibatan karyawan terbukti dapat memediasi hubungan kesepian di tempat kerja terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawaN Kata kunci: Loneliness at Workplace, Employee engagement, Organizational Commitment, Job Performance, Remote Worker, Working from home, Partial Least Squares (PLS).
Keywords : Keywords: Loneliness at Workplace, Employee engagement, Organizational Commitment, Job Performance, Remote Worker, Working from home, Partial Least Squares (PLS), Kata kunci: Loneliness at Workplace, Employee engagement, Organizational Commitment, Job Performance, Remote Worker, Working from home, Partial Least Squares (PLS).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: archi nuansa
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:36
Last Modified: 04 Jul 2022 07:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item
View Item