WICAKSONO, Purwo Agung and YOESTINI, Yoestini and SUTOPO, Sutopo,(March 2007), ANALISIS PENGARUH KOMITMEN BISNIS INDEPENDENT BUSINESS OWNER (IBO) DAN PENJUALAN ADAPTIF TERHADAP KINERJA BISNIS IBO DALAM MULTILEVEL MARKETING (MLM) (Studi Empiris terhadap Independent Business Owner/IBO pada PT. AMWAY Indonesia di Jawa Tengah dan Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (232kB)
Download (232kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (294kB)
Download (294kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (295kB)
Download (295kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (300kB)
Download (300kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (414kB)
Download (414kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian mengenai multilevel marketing (MLM) tidak banyak dilakukan oleh
para peneliti di Indonesia, maka literatur-literaturnya sangat terbatas (Soeratman
2002). Penelitian ini bertujuan menganalisis dua penyebab utama komitmen bisnis
IBO (Independent Business Owner) dan dan dua faktor sifat komunikasi sebagai
penyebab penjualan adaptif beserta dampaknya pada kinerja bisnis IBO. Masalah
penelitian yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
kinerja bisnis IBO. Kemudian untuk menjawab pertanyaan tersebut dikembangkan
suatu model dan enam hipotesis telah dirumuskan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 115 IBO pada PT. Amindoway /
AMWAY Indonesia di Jawa Tengah dan Yogyakarta (DIY) sebagai responden.
Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis data yang
digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS 6.0
program. Hasil analisis menunjukkan bahwa permodelan fit dan memenuhi kriteria
indek goodness of fit, yang tersebut berikut: Chi-square= 223.330, Probability 0,300,
CMIN/DF= 1,048, GFI=0.859, AGFI=0.817, TLI=0.994, RMSEA=0.021, CFI=0.995.
Sehingga model dalam penelitian ini diterima dengan baik. Berdasarkan pengujian
hipotesis, hasil penelitian juga membuktikan bahwa tidak semua hipotesis positif dan
signifikan pada taraf alpha (α) = 5%. Pengaruh kepuasan dengan produk dan kepuasan
hubungan dengan mitra/upline terhadap komitmen bisnis IBO adalah positif dan
signifikan. Pengaruh kecemasan komunikasi adalah negatif dan keterlibatan interaksi
adalah positif terhadap penjualan adaptif, pengaruh keduanya juga signifikan.
Walaupun pengaruh komitmen bisnis IBO dan penjualan adaptif dapat berpengaruh
secara positif terhadap kinerja bisnis IBO, tetapi penjualan adaptif tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan. Sehingga komitmen bisnis IBO lebih penting daripada
penjualan adaptif untuk meningkatkan kinerja bisnis IBO dalam multilevel marketing.
Keywords : | satisfaction with product,relationship satisfaction with partner or upline, communication apprehension, interaction involvement, IBO business commitment, adaptive selling, and IBO business performance., kepuasan dengan produk, kepuasan hubungan dengan mitra/upline, kecemasan komunikasi, keterlibatan interaksi, komitmen bisnis IBO, penjualan adaptif, dan kinerja bisnis IBO. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:11 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11274 |