MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS BUDAYA DAN INOVASI AKULTURASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ROTI DI PROPINSI JAWA TENGAH)

SULISTIYANI, Sulistiyani and FERDINAND, Augusty Tae and WAHYUDI, Sugeng,(2012), MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS BUDAYA DAN INOVASI AKULTURASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ROTI DI PROPINSI JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (15kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan roti kecil dan menengah (UKM), pada satu sisi, masih banyak menghadapi permasalahan antara lain masalah sumber daya manusia dan pemasaran, di sisi lain UKM mempunyai kekuatan yang tidak hanya pada kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja, tetapi juga mempunyai peran dalam pembangunan ekonomi Nasional. Tujuan penelitan ini adalah mengembangkan pembelajaran generatif berbasis budaya untuk meningkatkan inovasi akulturasi dan kinerja pemasaran pengusaha roti di propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 131 responden para pengusaha roti di Provinsi Jawa Tengah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria sampel UKM roti yang telah terdaftar dalam Disperindag, Mempunyai tenaga kerja minimal satu tenaga kerja; Dengan nilai investasi minimal Rp 1.000.000; Sedangkan metode analisis yang dipakai adalah analisis full model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa portofolio pengetahuan produk akulturasi, dengan dimensi melahirkan ide-ide kreatif, menampung aspirasi dan menghasilkan produk akulturatif berpengaruh terhadap inovasi produk akulturasi. Selanjutnya, inovasi produk akulturasi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, pada akhirnya keunggulan bersaing berpengaruh pada kinerja pemasaran. Pembelajaran generatif berbasis budaya hanya membahas ide-ide kreatif, menggali dan menampung aspirasi, sehingga kemampuan menjelaskan masih rendah, oleh karena itu perlu menambah indikator lain misalnya komitmen dan atau visi perusahaan.
Keywords : portfolio product knowledge acculturation, acculturation product innovation, competitive advantage, performance marketing, bakery, pengetahuan produk akulturasi, inovasi produk akulturasi, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran, perusahaan roti
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:09
Last Modified: 25 Oct 2022 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item
View Item