ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA WISATA, INOVASI TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG DENGAN DAYA TARIK WISATA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Objek Wisata Museum Kretek Kudus)

KUSUMAWATI, Devi Andriani and WARIDIN, Waridin,(29 July 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA WISATA, INOVASI TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG DENGAN DAYA TARIK WISATA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Objek Wisata Museum Kretek Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (271kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (281kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (407kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki berbagai potensi wisata yang dapat digunakan sebagai tempat rekreasi. Potensi yang paling menonjol diantara yang lain adalah industri rokok sehingga Kudus dikenal dengan sebutan Kota Kretek dan dibangunlah Museum Kretek sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan rokok. Museum Kretek Kudus merupakan salah satu objek wisata yang menonjol dan menjadi daya tarik yang cukup bagus dalam industri pariwisata. Namun jumlah pengunjung pernah mengalami penurunan yaitu pada tahun 2018 dan jumlah pengunjung museum ini lebih sedikit dibandingkan dua objek wisata lainnya di Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra wisata, inovasi terhadap minat kunjung ulang yang dimediasi dengan variabel daya tarik wisata pada objek wisata Museum Kretek Kudus. Hasil penelitian yang mengambil 40 responden dari pengunjung Obyek Wisata Museum Kretek Kudus Jawa Tengah dan diolah menggunakan metode two stage least square (TSLS) ini, menunjukkan bahwa: Secara simultan kualitas layanan, citra wisata dan inovasi berpengaruh terhadap daya tarik wisata pada objek wisata Museum Kretek Kudus, sedangkan secara parsial kualitas layanan dan inovasi berpengaruh terhadap daya tarik wisata, dan inovasi tidak berpengaruh terhadap daya tarik wisata pada objek wisata Museum Kretek Kudus. Secara simultan kualitas layanan, citra wisata, inovasi dan daya tarik wisata berpengaruh terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Museum Kretek Kudus, sedangkan secara parsial kualitas layanan dan inovasi berpengaruh terhadap minat kunjung ulang, sedangkan citra wisata dan daya tarik wisata tidak berpengaruh terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Museum Kretek Kudus. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi manajemen musem kretek Kudus terkait faktor yang mempengaruhi daya tarik wisata dan minat kunjung ulang wisatawan.
Keywords : Quality of Service, Tourism Image, Innovation, Interest in Revisit, Tourist Attraction., Kualitas Layanan, Citra Wisata, Inovasi, Minat Kunjung Ulang, Daya Tarik Wisata.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Devi Andriani Kusumawati
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:40
Last Modified: 31 Dec 2022 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item
View Item