ANALISIS PENGARUH COGNITIVE IMAGE, AFFECTIVE IMAGE, DAN UNIQUE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN MINAT KUNJUNGAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen)

WARDHANA, Abimanyu Wisnu and DWIYANTO, Bambang Munas,(15 February 2023), ANALISIS PENGARUH COGNITIVE IMAGE, AFFECTIVE IMAGE, DAN UNIQUE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN MINAT KUNJUNGAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (187kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prospek pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kebumen ke depan dinilai banyak pihak sangat menjanjikan dan banyak peluang untuk dikembangkan. Salah satu objek wisata pantai yang menjadi andalan di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Menganti. Pantai Menganti terkenal akan pantai berpasir putih yang indah, keberagaman objek wisata di dalamnya, dan berbagai sarana prasarana yang dibangun akan menjadi daya tarik wisatawan. Maka pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cognitive image, affective image, unique image terhadap keputusan berkunjung melalui minat kunjungan sebagai mediasi, studi dilakukan pada objek wisata Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen. Penelitian dimulai dengan mengembangkan kerangka penelitian yang menganalisis hubungan antara cognitive image, affective image, unique image, minat kunjungan dan keputusan berkunjung. Pengambilan data melibatkan 110 responsen dengan metode kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka mengenai data diri dan pertanyaan tertutup. Penelitian ini mengambil responden yang telah melakukan kunjungan ke objek wisata Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen minimal satu kali. Kemudian, data dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat berupa program Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 22. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa cognitive image, affective image, dan unique image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan minat kunjungan sebagai mediasi dan cognitive image, affective image, dan unique image tidak secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Diharapkan hasil implikasi manajerial dari penelitian ini dapat menjadi saran perbaikan untuk pengelola objek wisata Pantai Menganti. Kata Kunci: Teori Harapan, Citra Kognitif, Citra Afektif, Citra Unik, Minat Kunjungan, Keputusan Berkunjung
Keywords : Expectancy Theory, Cognitive Image, Affective Image, Unique Image, Visit Intention, Visiting Decision, Teori Harapan, Citra Kognitif, Citra Afektif, Citra Unik, Minat Kunjungan, Keputusan Berkunjung
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Abimanyu Wisnu Wardhana
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:36
Last Modified: 08 Mar 2023 04:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item
View Item