PENGARUH BOARD DIVERSITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2021)

RAHMA, Sheilla Nur and MAWARDI, Wisnu,(6 March 2023), PENGARUH BOARD DIVERSITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (276kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Board Diversity yang dipoyeksikan dengan gender dan usia terhadap kinerja perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Secara garis besar, perusahaan menghadapi tantangan dalam mempertahankan kinerja bisnis yang unggul dalam periode yang panjang. Sebagian besar perusahaan merasa sulit untuk terus-menerus mencapai kinerja bisnis yang sesuai dengan wawasan strategis dan kelincahan untuk memastikan lingkungan bisnis. Agency theory dan stakeholder theory adalah teori yang mendasari penelitian ini. Dengan demikian model konseptual dalam penelitian ini dikembangkan untuk menggambarkan interaksi antara gender dan usia terhadap kinerja perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Jumlah populasi dala penelitian ini adalah 195 perusahaan manufaktur. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 58 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan yaitu moderated regression analysis dengan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa gender berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, usia berpengaruh negative dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh gender terhadap kinerja perusahaan, dan kepemilikan institusional mampu meningkatkan pengaruh usia terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : gender, age, firm performance, gender, usia, kinerja perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Sheilla Nur Rahma
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:58
Last Modified: 21 Mar 2023 06:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item
View Item