REGINA, Cornelia and RAHARJO, Susilo Toto,(15 March 2023), STRATEGI KINERJA BISNIS R&D (Research and Development) DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK MENGHADAPI DINAMIKA PASAR (Studi Kasus Pada PT. Nojorono Tobacco International). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (215kB)
Download (215kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (210kB)
Download (210kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (209kB)
Download (209kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (507kB)
Download (507kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (345kB)
Download (345kB)
Text (Fulltext PDF Boookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Strategi Research and Development merupakan salah satu faktor penting dalam
mendukung keberlangsungan bisnis industri hasil tembakau. Perusahaan Nojorono
merupakan industri hasil tembakau lima terbesar di Indonesia, saat ini menerapkan
strategi agility dengan berfokus pada kompetensi inti perusahaan sebagai upaya
meningkatkan peforma untuk menghadapi tantangan perubahan pasar yang
kompetitif, regulasi pemerintah, dan kreatifitas inovasi R&D. Faktor- faktor yang
mendukung strategi R&D adalah inovasi dipicu oleh dua faktor yaitu berdasarkan
permintaan pasar dan kompetensi internal R&D, faktor internal ekternal yang
meliputi manajemen kontrol R&D dengan sistem buttom up, ukuran dan usia
perusahaan yang terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia perusahaan,
dan regulasi pemerintah yang berdampak pada kenaikan harga jual. Pencapaian
kinerja bisnis R&D diukur dari KPI departemen setiap tahunnya, sedangkan upaya
dari R&D Nojorono mencapai keunggulan bersaing yaitu dengan berfokus pada
role and responsibility pada masing-masing departemen, meningkatkan kompetensi
karyawan melalui product knowledge trainning dan meningkatkan sistem yang
terstandarisasi. Implementasi strategi ini dilakukan oleh R&D bertujuan untuk
memberikan arahan bagi kinerja organisasi dalam mencapai sustainable
competitive advantage. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
analisis deskriptif dari wawancara mendalam dengan informan. Tujuan penelitian
adalah menganalisis peranan R&D dalam mencapai sustainable competitive
advantage. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktorfaktor
yang mendukung strategi R&D memberikan pengaruh bagi kinerja bisnis
R&D dan perusahaan, serta meningkatkan peforma kreatifitas pada masing-masing
man power.
Keywords : | R&D Strategy, Innovation, Control Management, Company Size and Age, Business Performance, Sustainable Competitive Advantage, Strategi R&D, Inovasi, Manajemen Kontrol, Ukuran dan Usia Perusahaan, Kinerja Bisnis, Sustainable Competitive Advantage |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Cornelia Regina |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 06:45 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 07:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12370 |