AZIZAH, Putri Rachma and ARIANTI, Fitrie,(23 June 2023), STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BUKIT CINTA RAWA PENING MELALUI ASPEK PROMOSI, ASPEK INFRASTRUKTUR DAN ASPEK MANAJEMEN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (22kB)
Download (22kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (155kB)
Download (155kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening memiliki pemandangan alam yang
indah sebagai potensi yang dimilikinya, potensinya terletak pada pemandangan air
dan perbukitan, serta waduk alam yang masih berfungsi dengan baik sehingga dari
potensi tersebut dapat dikembangkan untuk menjadi wisata air. Berbagai potensi
yang dimiliki oleh Bukit Cinta, masih terdapat permasalahan yang belum
diselesaikan oleh pihak pengelola dengan optimal, yakni prasarana serta sarana
yang terdapat masalah baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, fasilitas yang belum
memenuhi kebutuhan pengunjung, dan kebersihan serta pengelolaan dari objek
wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis aspek-aspek yang harus diprioritaskan dalam mengembangan objek
wisata Bukit Cinta Rawa Pening.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Hirarki
Proses (AHP) dengan bantuan software Expert Choice Versi 11. Analisis ini
dilakukan kepada 3 variabel usulan strategi untuk mengembangkan objek wisata
Bukit Cinta Rawa Pening yang diperoleh melalui data wawancara dengan diskusi
bersama Key Persons. Responden berjumlah 50 orang yang terdiri atas 5 orang key
person dan 45 pengunjung/wisatawan, setelah itu merumuskan beberapa kriteria
dan alternatif yang dipilih oleh responden melalui kuesioner. Aspek-aspek yang
terdapat dalam strategi pengembangan tersebut terdiri dari aspek promosi,
infrastruktur dan manajemen. Setiap aspek tersebut memiliki beberapa opsi
pengembangan yang berbeda-beda.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, kriteria utama untuk menentukan
strategi mengembangkan objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening adalah aspek
infrastruktur dengan Inkonsistensi Rasio (IR) sebesar 0,003 atau kurang dari 0,10
yang menunjukkan bahwa hasil tersebut konsisten dan dapat diterima sebagai
sebuah prioritas alternatif strategi pengembangan. Prioritas kedua adalah aspek
manajemen dan prioritas ketiga adalah aspek promosi. Sesuai dengan pembobotan
dari sub kriteria dalam opsi pengembangan, didapatkan hasil prioritas utama dari
strategi pengembangan objek wisata dari aspek infrastruktur adalah perawatan
fasilitas sarana dan prasarana objek wisata dengan prioritas tertinggi diantara opsiopsi pengembangan lainnya.
Keywords : | Strategy, Development, Tourism, AHP, Strategi, Pengembangan, Pariwisata, AHP |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Putri Rachma Azizah |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:31 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13033 |