PENGARUH KEPERCAYAAN, CITRA LEMBAGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT MAAL MELALUI KITABISA

NARKO, Alfis and MAS'UD, Fuad,(4 June 2024), PENGARUH KEPERCAYAAN, CITRA LEMBAGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT MAAL MELALUI KITABISA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (211kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi zakat maal yang besar. Namun realisasinya tidak demikian. Untuk mendorong pertumbuhan zakat munculah istilah digitalisasi zakat yang memudahkan muzaki untuk berzakat secara online. Salah satu wadah yang digunakan untuk berzakat secara digital adalah aplikasi Kitabisa. Digitalisasi pengelolaan zakat di Indonesia semakin dituntut untuk menciptakan kemudahan dan sumber daya teknologi informasi yang mudah diakses masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendeketan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi liniear berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan purposive sampling dengan mengambil sampel 100 responden muzaki yang sudah pernah melakukan pembayaran zakat maal melalui Kitabisa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner melalui platform google form dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan, Citra Lembaga, dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Muzaki Membayar Zakat Maal melalui Kitabisa. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 38,6% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 61,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords : Trust, Institutional Image, Service Quality, Muzaki's Decision to Pay Zakat Maal, Kitabisa., Kepercayaan, Citra Lembaga, Kualitas Layanan, Keputusan Muzaki Membayar Zakat Maal, Kitabisa.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Alfis Narko
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:11
Last Modified: 20 Jun 2024 06:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item
View Item