KONFLIK PERAN GANDA PADA PEREMPUAN YANG BEKERJA (Studi Fenomenologi pada Keluarga Buruh Bangunan di Desa Siwarak)

PRATIWI, Eli Suci and DARMASTUTI, Ismi,(21 May 2024), KONFLIK PERAN GANDA PADA PEREMPUAN YANG BEKERJA (Studi Fenomenologi pada Keluarga Buruh Bangunan di Desa Siwarak). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (402kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (300kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik peran ganda yang dialami oleh buruh bangunan perempuan di Desa Siwarak, apa penyebab dari konflik peran ganda tersebut, bagaimana dampak dan cara mengatasi konflik peran ganda yang dialami oleh buruh bangunan perempuan di Desa Siwarak. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi, dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan narasumber dan dokumentasi saat pengambilan informasi. Metode tersebut dipilih agar memperoleh informasi yang mendalam terkait konflik peran ganda pada buruh bangunan perempuan di Desa Siwarak. Dalam wawancara penelitian ini melibatkan tiga orang ibu yang memiliki peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pekerja, serta suami dan anak yang bersangkutan untuk mendukung informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu bekerja sebagai buruh bangunan di Desa Siwarak mengalami konflik berdasarkan waktu dan tekanan, yang ditunjukkan dengan tidak dapat menyeimbangkan waktu antara kedua perannya akibat pekerjaan yang dilakukan cukup berat. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dilakukan upaya untuk mengatasi konflik peran ganda antara lain adalah penanggulangan berfokus pada masalah seperti mengatur waktu, mengurangi emosi, kerjasama atau membagi tugas rumah dengan suami, melakukan komunikasi yang baik, dan memberi pengertian kenapa keluarga alasan memutuskan untuk bekerja sebagai buruh bangunan. Dari segi pekerjaan, mandor dapat memberikan pekerjaan kepada ibu bekerja buruh bangunan yang sifatnya membantu dan tidak membebankan kerja lembur.
Keywords : dual role, work family conflict, dual role conflict, female construction worker, working mother, balancing multiple roles., peran ganda, konflik kerja-keluarga, konflik peran ganda, buruh bangunan perempuan, ibu bekerja, menyeimbangkan peran ganda.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eli Suci Ptratiwi
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:42
Last Modified: 21 Jun 2024 07:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item
View Item