PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN K3 SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. ARA SHOES INDONESIA)

MALAU, Roi Heppi Durman and RATNAWATI, Intan,(13 June 2024), PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN K3 SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. ARA SHOES INDONESIA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Ara Shoes Indonesia menghadapi tantangan signifikan terkait kinerja karyawan yang dipengaruhi oleh stres kerja. Stres kerja di perusahaan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan deadline, beban kerja yang berlebihan, serta konflik antar karyawan. Kondisi ini berdampak negatif terhadap kinerja karyawan, menghambat pencapaian target perusahaan, dan mengurangi daya saing di pasar. Terdapat beberapa tujuan dalam penelitian ini, di antaranya adalah untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan dengan objek penelitian yang fokus pada karyawan pabrik PT. Ara Shoes Indonesia serta untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap pelaksanaan program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di tempat kerja yang berfokus pada karyawan pabrik PT. Ara Shoes Indonesia. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menghimpun dan memperoleh data adalah dengan membagikan angket secara langsung pada karyawan PT. Ara Shoes Indonesia di Ungaran, Semarang. Pembagian angket dimaksud untuk mengetahui bagaimana pendapat responden terkait dengan stres kerja dalam pengaruhnya dengan kinerja karyawan, stres kerja dengan program K3, dan program K3 terhadap kinerja karyawan. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis statistik yaitu metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.0.2. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angka-angka, rumus, atau model matematis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dan dominan dari variabel stres kerja (X) dan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) (M) terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) di PT. Ara Shoes Indonesia. Dari hasil penelitian mengenai pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan dengan K3 sebagai variabel intervening studi pada PT. Ara Shoes Indonesia, dapat dinyatakan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Ara Shoes Indonesia, terdapat pengaruh stres kerja terhadap kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di PT. Ara Shoes Indonesia, terdapat pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Ara Shoes Indonesia, dan K3 berperan memediasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Ara Shoes Indonesia.
Keywords : Work Stress, Occupational Health and Safety, Employee Performance., Stres Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kinerja Karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Roi Heppi Durman Malau
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:57
Last Modified: 25 Jun 2024 07:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item
View Item