ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN E-COMMERCE PADA APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MENGGUNAKAN UTAUT 2

MAHESWARI, Galuh Dahayu and MEIRANTO, Wahyu,(3 June 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN E-COMMERCE PADA APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MENGGUNAKAN UTAUT 2. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (243kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (460kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

E-commerce adalah salah satu contoh bentuk finance technology yang dalam penggunaannya membutuhkan smartphone dan jaringan internet. Namun, faktor keamanan menjadi salah satu hambatan penggunaan e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat konsumen untuk menggunakan e-commerce pada aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) yang terdiri dari ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, niat perilaku dan perilaku penggunaan dengan penambahan variabel persepsi keamanan dan persepsi kepercayaan. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS 3 pada 100 sampel yang merupakan pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi usaha, motivasi hedonis, dan persepsi kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan Tokopedia. Sementara itu, ekspektasi kinerja, kondisi yang memfasilitasi, dan persepsi keamanan tidak berpengaruh terhadap niat perilaku. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa niat perilaku terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan Tokopedia. Lebih lanjut, niat perilaku diketahui menjadi faktor penentu yang paling signifikan.
Keywords : UTAUT, UTAUT 2, e-commerce, Tokopedia, Perceived Security, Perceived Trust, UTAUT, UTAUT 2, e-commerce, Tokopedia, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Galuh Dahayu Maheswari
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:10
Last Modified: 28 Jun 2024 11:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14575

Actions (login required)

View Item
View Item