PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, SISTEM PELAPORAN DAN KETEPATAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Rembang)

FITRIANA, Laila and HARYANTO, Haryanto,(22 July 2024), PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, SISTEM PELAPORAN DAN KETEPATAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Rembang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (439kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan, sistem pelaporan, dan ketepatan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Rembang). Variabel yang digunakan adalah standar akuntansi pemerintahan, sistem pelaporan, dan ketepatan sasaran anggaran sebagai variabel independen, serta akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah kepla dinas/badan SKPD, sekretaris dinas/badan SKPD, dan pegawai di bidang keuangan/bendahara pada dinas/badan SKPD se-Kabupaten Rembang. Sampel penelitian didasarkan pada penggunaan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 114 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian uji hipotesis dengan menggunakan alat uji software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan penerapan standar akuntansi pemerintahan mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang signifikan. Hal ini sama halnya dengan variabel yang kedua bahwa sistem pelaporan juga mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah secara positif dan signifikan. Selain itu, variabel ketiga ketepatan sasaran anggaran juga berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.
Keywords : government accounting standards, reporting system, budget target accuracy, and performance accountability of government agencies., standar akuntansi pemerintahan, sistem pelaporan, ketapatan sasaran anggaran, dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Laila Fitriana
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:16
Last Modified: 02 Aug 2024 06:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item
View Item