MEMBANGUN KOMUNIKASI TERBUKA UNTUK MENGATASI KRISIS KEPERCAYAAN TERHADAP BUDAYA “AKHLAK” DIKALANGAN KARYAWAN BUMN PT X (Studi Kasus pada Karyawan BUMN PT X di Semarang)

HASIBUAN, Annisa and DARMASTUTI, Ismi,(7 October 2024), MEMBANGUN KOMUNIKASI TERBUKA UNTUK MENGATASI KRISIS KEPERCAYAAN TERHADAP BUDAYA “AKHLAK” DIKALANGAN KARYAWAN BUMN PT X (Studi Kasus pada Karyawan BUMN PT X di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (480kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (345kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (563kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (475kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mengeksplorasi dan memahami bagaimana budaya AKHLAK di PT X Semarang, dengan menggali pandangan karyawan terkait budaya tersebut. Berfokus pada identifikasi tantangan utama yang dihadapi perusahaan dalam proses perubahan budaya, serta kesulitan yang dialami karyawan selama mengikuti nilai-nilai budaya AKHLAK. Penelitian ini juga bertujuan untuk menilai bagaimana manajemen perubahan berperan dalam mengatasi tantangan yang muncul selama proses penerapan budaya baru, dengan harapan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi yang tepat guna meningkatkan efektivitas penerapan budaya AKHLAK di PT X Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan dari karyawan PT X, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan proses transisi antara budaya lama dan budaya baru (AKHLAK) belum optimal, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai persoalan seperti adanya resistensi dari karyawan, pemahaman budaya baru yang masih kurang, komunikasi yang kurang efektif, krisis kepercayaan oleh karyawan, kurangnya peran dan contoh dari pemimpin, serta belum pernah dilakukannya evaluasi terhadap pelaksanaan budaya AKHLAK. Sehingga dari temuan ini menunjukkan bahwa pentingnya komunikasi secara terbuka antara perusahaan dan karyawan sebagai strategi melakukan upaya untuk memaksimalkan proses transisi budaya baru (AKHLAK) di perusahaan BUMN PT X Semarang.
Keywords : Internalization, Openness of Communication, AKHLAK Culture, Internalisasi, Keterbukaan Komunikasi, Budaya AKHLAK
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Annisa Hasibuan
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:09
Last Modified: 04 Nov 2024 05:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item
View Item