NUGROHO, Bagus and IDRIS, Idris,(4 September 2018), PENGARUH DIMENSI MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA SITUS E-COMMERCE TOKOPEDIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tokopedia adalah salah satu e-comerce yang berdiri di Indonesia. Pada bulan Januari dan Maret 2018 Tokopedia mengalami penurunan jumlah pengunjung. Penurunan jumlah pengunjung ini mengakibatkan penjualan pada Tokopedia mengalami penurunan juga. Dengan demikian, pihak pemasaran Tokopedia harus melakukan suatu strategi untuk meningkatkan penjualanya kembali. Pembelian impulsif adalah hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan penjualan pada Tokopedia.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan pembelian impulsif pada e-commerce Tokopedia. Faktor-faktor yang di uji dalam penelitian ini antara lain adalah belanja petualangan, belanja nilai, belanja ide, belanja sosial dan belanja relaksasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden yang pernah berbelanja pada e-commerce Tokopedia. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability dengan pendekatan convenience sampling. Metode analisis menggunakan teknik analisis berganda dengan IBM SPSS 23 for windows.
Hasil yang ditunjukan dalam penelitian ini adalah motivasi belanja petualangan, belanja nilai, dan belanja relaksasi berpengaruh positif signifikan pada variabel pembelian impulsif. Sedangkan untuk motivasi belanja ide dan belanja sosial diketahui tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif.
Keywords : | impulsive purchases, adventure shopping, value shopping, idea shopping, social shopping, relaxation shopping., pembelian impulsif, belanja petualangan, belanja nilai, belanja ide, belanja sosial, belanja relaksasi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:43 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:43 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1571 |