DARMAWAN, Ekwan and INDRIANI, Farida,(8 November 2025), ADOPSI SUPER APPS BRIMO OLEH NASABAH MILENIAL (STUDI KASUS BRI UNIT REGIONAL OFFICE MAKASSAR). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (12kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (6kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (6kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (115kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (80kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi adopsi dan penggunaan aplikasi Super Apps BRImo oleh generasi
milenial, serta memahami pengalaman dan persepsi nasabah Bank BRI Unit
Regional Office Makassar terhadap aplikasi tersebut. Dengan menggunakan
pendekatan mix method, penelitian ini menggabungkan metode kualitatif sebagai
metode utama untuk memahami dinamika penggunaan BRImo dalam konteks
ekonomi berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang
mempengaruhi adopsi BRImo oleh nasabah milenial meliputi kemudahan
penggunaan, ketersediaan fitur yang relevan, keamanan, pengaruh sosial, serta
promosi dan insentif. Kemudahan navigasi dan fitur-fitur seperti transfer antar bank
tanpa biaya admin, pembayaran tagihan, e-wallet, QRIS, serta dukungan pelanggan
yang responsif berkontribusi pada meningkatnya penggunaan aplikasi ini. Selain
itu, persepsi nasabah milenial terhadap BRImo umumnya positif, dengan apresiasi
terhadap antarmuka yang intuitif dan kemudahan dalam melakukan transaksi
digital. Fitur-fitur yang paling menarik bagi nasabah meliputi transaksi bebas biaya
admin, kemudahan pembayaran tagihan, penggunaan e-wallet, serta layanan
pelanggan 24/7 yang responsif. Selain itu, fitur investasi terintegrasi juga mulai
menarik minat nasabah milenial yang ingin berinvestasi dengan cara yang mudah
dan aman. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan yang dapat
digunakan untuk merancang strategi pemasaran dan pengembangan layanan yang
lebih efektif guna meningkatkan daya tarik dan retensi nasabah milenial di Bank
BRI Unit Regional Office Makassar.
Keywords : | Super Apps BRImo, technology implementation, millennial generation, digital banking, user experience., Super Apps BRImo, adopsi teknologi, generasi milenial, perbankan digital, pengalaman pengguna. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ekwan Darmawan |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:40 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16073 |