ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KREDIBILITAS, SIKAP, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT LINKAJA DI KOTA SEMARANG

SINAGA, Erianto and RAHARDJO, Susilo Toto,(31 July 2019), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KREDIBILITAS, SIKAP, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT LINKAJA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010115120036.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat dan semakin memudahkan aktivitas penggunanya. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah metode pembayaran digital (mobile payment). Banyak aplikasi mobile payment yang saat ini beredar di masyarakat dengan keunggulan dan kekhasan masing – masing. Salah satu mobile payment yang turut bersaing dalam bisnis ini adalah LinkAja. Namun popularitas dan jumlah pengguna LinkAja masih tergolong rendah dibanding aplikasi mobile payment lainnya. Hal tersebut memicu penelitian lebih lanjut tentang faktor - faktor yang mempengaruhi minat menggunakan LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kredibilitas, sikap, dan norma subjektif terhadap minat menggunakan layanan mobile payment LinkAja. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kredibilitas, sikap, dan norma subjektif sebagai variabel independen, serta minat menggunakan sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna yang mengetahui dan sedang menggunakan aplikasi mobile payment LinkAja di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kredibilitas, sikap, dan norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan m-payment. Sedangkan, variabel persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menggunakan m-payment.
Keywords : Perceived Usefulness, Perceived Risk, Perceived Credibility, Attitudes, Subjective Norms, Intention to use, Mobile Payment, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Persepsi Kredibilitas, Sikap, Norma Subjektif, Minat Menggunakan, Mobile Payment
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Jan 2020 10:39
Last Modified: 23 Jan 2020 10:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item
View Item