SINAGA, Erianto and RAHARDJO, Susilo Toto,(31 July 2019), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KREDIBILITAS, SIKAP, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT LINKAJA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (164kB)
Download (164kB)
Text
Download (148kB)
Download (148kB)
Text
Download (131kB)
Download (131kB)
Text
Download (135kB)
Download (135kB)
Text
Download (146kB)
Download (146kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat dan semakin
memudahkan aktivitas penggunanya. Salah satu teknologi yang saat ini sedang
berkembang adalah metode pembayaran digital (mobile payment). Banyak aplikasi
mobile payment yang saat ini beredar di masyarakat dengan keunggulan dan
kekhasan masing – masing. Salah satu mobile payment yang turut bersaing dalam
bisnis ini adalah LinkAja. Namun popularitas dan jumlah pengguna LinkAja masih
tergolong rendah dibanding aplikasi mobile payment lainnya. Hal tersebut memicu
penelitian lebih lanjut tentang faktor - faktor yang mempengaruhi minat
menggunakan LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kredibilitas, sikap, dan norma subjektif
terhadap minat menggunakan layanan mobile payment LinkAja. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi
kredibilitas, sikap, dan norma subjektif sebagai variabel independen, serta minat
menggunakan sebagai variabel dependen.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna yang
mengetahui dan sedang menggunakan aplikasi mobile payment LinkAja di Kota
Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120
responden. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda dengan
menggunakan alat analisis SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi
kredibilitas, sikap, dan norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat menggunakan m-payment. Sedangkan, variabel persepsi risiko berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap minat menggunakan m-payment.
Keywords : | Perceived Usefulness, Perceived Risk, Perceived Credibility, Attitudes, Subjective Norms, Intention to use, Mobile Payment, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Persepsi Kredibilitas, Sikap, Norma Subjektif, Minat Menggunakan, Mobile Payment |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 10:39 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 10:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1627 |