ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG TERHADAP PAKET WISATA DAN PENINGKATAN SARANA PRASARANA OBJEK WISATA GOA KREO KOTA SEMARANG

SHODIQ, Briant Mochamad and AGUNGGUNANTO, Edy Yusuf Agunggunanto,(27 June 2019), ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG TERHADAP PAKET WISATA DAN PENINGKATAN SARANA PRASARANA OBJEK WISATA GOA KREO KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020114120035.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah, oleh karena itu peningkatan sektor wisata pada suatu daerah harus ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi pengunjung Goa Kreo, kemudian mengestimasi nilai WTP pengunjung dalam menentukan potensi harga maksimum paket wisata yang ditawarkan oleh objek wisata Goa Kreo dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan wisatawan untuk membayar paket wisata Goa Kreo. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan objek wisata Goa Kreo yang sedang melakukan kunjungan wisata, selanjutnya sampel pada penelitian ini dipilih dengan metode quota accidental sampling, dimana sampling ini mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan, dengan penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan metode Contingent Valuation Method dan analisis regresi dalam mengolah data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden bersedia membayar tiket lebih mahal untuk peningkatan sarana dan prasarana wisata Goa Kreo, selanjutnya Paket wisata Goa Kreo memiliki nilai rataan WTP sebesar Rp 82.860,00 dengan nilai total WTP (TWTP) adalah Rp 1.202.127.200,00. Peningkatan sarana dan prasarana memiliki nilai rataan WTP sebesar Rp 11.700,00 dan nilai TWTPnya sebesar Rp 169.884.000,00. Terakhir hasil analisis regresi menemukan bahwa hanya biaya perjalanan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai WTP, sedangkan tingkat pendaptan, tingkat pendidikan, lama waktu berkunjung dan frekuensi berkunjung tidak memiliki pengaruh yang signifikan teradap nilai WTP.
Keywords : Semarang, Kreo Cave, Tourism, Willingness To Pay, Contingent Valuation Method, Semarang, Goa Kreo, Pariwisata, Kemauan Untuk Membayar, Contingent Valuation Method
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 24 Jan 2020 09:04
Last Modified: 24 Jan 2020 09:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item
View Item