PRATIWI, Annisa and PUJIYONO, Arif,(11 March 2019), Analisis Perilaku Konsumen Muslim dan Expenditure Switching terhadap Konsumsi Kosmetik Berlabel Halal. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (6MB)
Download (6MB)
Text
Download (6MB)
Download (6MB)
Text
Download (6MB)
Download (6MB)
Text
Download (6MB)
Download (6MB)
Text
Download (6MB)
Download (6MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Umat muslim mempercayai bahwa mengkonsumsi barang yang halal dan
baik (Thayyib) merupakan suatu kewajiban, termasuk produk kosmetik. Saat ini,
produk kosmetik berlabel halal banyak beredar di pasar Indonesia. Akan tetapi,
kehalalan produk belum menjadi indikator utama konsumen muslim dalam
menentukan pilihan dalam membeli produk kosmetik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen muslim
dalam mengkonsumsi kosmetik berlabel halal serta menganalisis perilaku
expenditure switching dalam konsumsi kosmetiknya. Penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang ditentukan adalah:
mahasiswi S1 Ekonomi Islam FEB UNDIP, S1 Ekonomi Pembangunan FE
UNNES, S1 Ekonomi Islam FEBI UIN Walisongo, beragama islam, dan
menggunakan kosmetik. Jumlah sampel adalah 237 responden yang ditentukan
menggunakan metode Slovin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif, analisis komponen utama dan analisis regresi
logistik.
Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik
responden dan beberapa jawaban langsung responden. Hasil AKU yang dilakukan
mampu mereduksi 57 buah pertanyaan menjadi 16 variabel konstruk. Hasil regresi
logistik Ekonomi Islam FEB UNDIP menunjukan bahwa konsumsi kosmetik
berlabel halal didorong oleh: (1) Pendapatan, (2) harga non nominal kosmetik
berlabel halal, (3) harga nominal kosmetik berlabel halal, (4) religiusitas dimensi
pengalaman (X4F2), (5) proses belajar dimensi pengalaman produk (X6F1), (6)
promosi visual (X7F1), (7) kualitas internal produk (X8F1), (8) kualitas eksternal
produk, sedangkan pola expenditure switching tersebut didorong oleh harga
nominal kosmetik berlabel halal dan religiusitas dimensi pengalaman. Hasil
regresi logistik Ekonomi Pembangunan FE UNNES menunjukan bahwa
konsumsi kosmetik berlabel halal didorong oleh: (1) harga nominal kosmetik
berlabel halal, (2) harga non nominal kosmetik tanpa label halal, (3) proses belajar
dimensi pengalaman produk, (4) religiusitas dimensi pengetahuan agama, (5)
promosi non visual, sedangkan pola expenditure switching tersebut didorong oleh:
(1) harga nominal kosmetik berlabel halal, (2) harga nominal kosmetik tanpa label
halal, (3) religiusitas dimensi pengetahuan agama, (4) proses belajar dimensi
pengalaman produk, (5) promosi non visual, (6) kualitas internal produk, (7)
kualitas eksternal produk. Hasil regresi logistik Ekonomi Islam FEBI UIN
Walisongo menunjukan bahwa konsumsi kosmetik berlabel halal dan pola
expenditure switching didorong oleh harga nominal kosmetik berlabel halal dan
religiusitas dimensi pengamalan.
Keywords : | Expenditure Switching, Labeled Halal Cosmetics, Logistic regression, Muslim Consumer Behavior, PCA., AKU, Expenditure Switching, Kosmetik Berlabel Halal, Perilaku Konsumen Muslim, Regresi Logistik. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 04:17 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 04:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2529 |