WIBISANA, YOGI and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(28 January 2016), ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PERILAKU KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK LAPTOP HEWLETTPACKARD (HP) KE ASUS (Studi Kasus pada Ex Pengguna Laptop HP di Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (35kB)
Download (35kB)
Text
Download (46kB)
Download (46kB)
Text
Download (48kB)
Download (48kB)
Text
Download (78kB)
Download (78kB)
Text
Download (56kB)
Download (56kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (706kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (706kB) | Request a copy
Abstract
Perpindahan merek merupakan salah satu objek yang menarik untuk
diteliti. Perusahan perlu mengetahui apa saja yang memotivasi konsumen untuk
beralih menggunakan produk dari pesaing. Tujuan penelitian ini yaitu menguji
pengaruh atribut produk, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth terhadap
perilaku keputusan perpindahan merek pada merek laptop Hewlett-Packard (HP)
ke merek laptop ASUS. Untuk variabel independen pada penelitian ini terdiri dari
atribut produk (X1), kebutuhan mencari variasi (X2), dan word of mouth (X3)
serta variabel dependennya adalah perpindahan merek (Y).
Sampel berjumlah 100 responden di kawasan sekitar kampus Universitas
Diponegoro di Tembalang yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Analisa menggunakan SPSS 11.5 yang meliputi uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji goodness of fit melalui uji regresi linier
berganda, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi (R²). Dari analisis tersebut
diperoleh persamaan regresi :
Y = 0,277 X1 + 0,186 X2 + 0,414 X3
Word of mouth menunjukkan koefisien regresi paling besar sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel tersebut adalah faktor paling penting yang
mempengaruhi perpindahan merek pada merek laptop Hewlett-Packard ke merek
laptop ASUS. Faktor yang paling berpengaruh kedua adalah atribut produk, dan
terakhir adalah kebutuhan mencari variasi. Koefisien determinan (adjusted R2)
sebesar 0,520 atau 52,0 persen yang menggambarkan bahwa model koefisien
determinasi sudah memenuhi standart dari uji. Ketiga variabel independen dalam
penelitian ini dapat menjelaskan 52,0 persen dari variabel perpindahan merek.
Sedangkan sisanya sebesar 48,0 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga
variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Product Attributes, Need To Find Variation, Word of Mouth, Brand Switching, Atribut Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Word of Mouth, Perpindahan Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 07:10 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 07:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3560 |