MULYANI, Ida Tri and MUDIANTONO, Mudiantono,(5 May 2015), UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (453kB)
Download (453kB)
Text
Download (455kB)
Download (455kB)
Text
Download (455kB)
Download (455kB)
Text
Download (461kB)
Download (461kB)
Text
Download (696kB)
Download (696kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting
bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Hingga kuartal I tahun 2014, jumlah
UMKM di Jawa Tengah semakin meningkat, hingga mencapai 53.951 unit usaha.
Akan tetapi, sejalan dengan meningkatnya jumlah UMKM dan meningkatnya
omzet yang dihasilkan oleh UMKM di Jawa Tengah hingga tahun 2013, jika
dianalisis rata-rata omzet per UMKM dengan membagi omzet per tahun dibagi
jumlah UMKM, diketahui bahwa rata-rata omzet per UMKM di Jawa Tengah
pada tahun 2013 justru mengalami penurunan, yaitu menurun sebesar 0,0102
Milyar dari tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor
yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Studi Empiris yang
dilakukan pada penelitian ini adalah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) Kota Semarang. Alasannya karena Kota Semarang merupakan Ibu Kota
Jawa Tengah dan UMKM Kota Semarang berkontribusi paling besar terhadap
PDRB Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu Orientasi Pasar, Orientasi
Kewirausahaan, Inovasi dan Kinerja Pemasaran. Pengujian hipotesis penelitian
menggunakan data sebanyak 120 responden UMKM Kota Semarang. Teknik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model
(SEM) dari program AMOS 21.0.
Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan kinerja
pemasaran pada UMKM dapat melalui 4 proses. Namun, proses yang paling
berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM adalah dengan
melakukan inovasi pada produk yang didukung dengan berorientasi pada pasar.
Keywords : | market orientation, orientation Entrepreneurship, Innovation, Performance Marketing, Micro, Small and Medium Enterprises MSMEs), Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Kinerja Pemasaran, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 12 May 2020 06:13 |
Last Modified: | 12 May 2020 06:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4062 |