SUFA, Faela and DWIYANTO, Bambang Munas,(31 July 2012), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar UNDIP Tembalang, Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (292kB)
Download (292kB)
Text
Download (269kB)
Download (269kB)
Text
Download (267kB)
Download (267kB)
Text
Download (275kB)
Download (275kB)
Text
Download (329kB)
Download (329kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Televisi dapat dikatakan sebagai media yang ampuh untuk melaksanakan
perang kilat terhadap bisnis periklanan. Hal tersebut menjadikan persaingan yang
ketat bagi industri makanan siap saji, begitu halnya persaingan PT Wingsfood dalam
melakukan pemasaran produk Mie Sedap melalui media iklan televisi dengan
kompetitornya. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang
tidak biasa, kreatif, dan dapat menarik perhatian khalayak sehingga iklan tersebut
dapat efektif.
Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari daya tarik iklan,
kualitas pesan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear bergada dengan
program SPSS versi 16.0. Populasi yang digunakan adalah Mahasiswa Kost di sekitar
kampus UNDIP di Tembalang, Semarang. Dengan kriteria pemirsa televisi iklan Mie
Sedap menggunakan sampel mahasiswa kost di daerah Sumurboto dan Banjarsari,
Tembalang sebanyak 100 responden, dengan metode sampel acak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan, dan
frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas
iklan, baik secara parsial maupun simultan. Dengan perolehan koefisien terbesar
0,383 atas pengaruh kualitas pesan terhadap efektivitas iklan. Maka sebuah kualitas
pesan yang lebih baik akan semakin meningkatkan efektivitas iklan. Dengan
demikian PT Wingsfood harus memperhatikan ketiga faktor variabel tersebut,
terutama pada variabel kualitas pesan untuk menghasilkan sebuah iklan yang efektif
sesuai dengan biaya besar yang telah dikeluarkan.
Keywords : | advertising appeal, the quality of the message, the frequency of ads, and effectiveness of advertising., daya tarik iklan, kualitas pesan, frekuensi penayangan iklan, dan efektivitas iklan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2020 07:01 |
Last Modified: | 12 May 2020 07:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4086 |