ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar UNDIP Tembalang, Semarang)

SUFA, Faela and DWIYANTO, Bambang Munas,(31 July 2012), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar UNDIP Tembalang, Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A008058.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Televisi dapat dikatakan sebagai media yang ampuh untuk melaksanakan perang kilat terhadap bisnis periklanan. Hal tersebut menjadikan persaingan yang ketat bagi industri makanan siap saji, begitu halnya persaingan PT Wingsfood dalam melakukan pemasaran produk Mie Sedap melalui media iklan televisi dengan kompetitornya. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang tidak biasa, kreatif, dan dapat menarik perhatian khalayak sehingga iklan tersebut dapat efektif. Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari daya tarik iklan, kualitas pesan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear bergada dengan program SPSS versi 16.0. Populasi yang digunakan adalah Mahasiswa Kost di sekitar kampus UNDIP di Tembalang, Semarang. Dengan kriteria pemirsa televisi iklan Mie Sedap menggunakan sampel mahasiswa kost di daerah Sumurboto dan Banjarsari, Tembalang sebanyak 100 responden, dengan metode sampel acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan, dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan, baik secara parsial maupun simultan. Dengan perolehan koefisien terbesar 0,383 atas pengaruh kualitas pesan terhadap efektivitas iklan. Maka sebuah kualitas pesan yang lebih baik akan semakin meningkatkan efektivitas iklan. Dengan demikian PT Wingsfood harus memperhatikan ketiga faktor variabel tersebut, terutama pada variabel kualitas pesan untuk menghasilkan sebuah iklan yang efektif sesuai dengan biaya besar yang telah dikeluarkan.
Keywords : advertising appeal, the quality of the message, the frequency of ads, and effectiveness of advertising., daya tarik iklan, kualitas pesan, frekuensi penayangan iklan, dan efektivitas iklan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 12 May 2020 07:01
Last Modified: 12 May 2020 07:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item
View Item